SOSIAL MEDIA SEBAGAI PASAR BAGI MASYARAKAT MODERN (SEBUAH KRITIK TERHADAP BUDAYA POPULER)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat perubahan perilaku masyarakat modern karena pengaruh internet. Perubahan pola perilaku itu akan terlihat pada terbentuknya pasar-pasar digital bermediumkan internet atau yang lebih dikenal dengan nama online shopping yang masuk ke dalam budaya populer. Budaya populer terbentuk pasca terbentuknya juga era industri. Era industri disebabkan salah satunya oleh perkembangan teknolgi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang diwakili dengan adanya internet. Kehadiran internet memang telah banyak merubah tatanan hidup masyarakat. Perkembangan teknologi telah membuat manusia masuk ke dalam era digital, di mana semua dilakukan dengan bantuan perangkat elektronik dan digital. Salah satunya yang mengalami perubahan ialah terbentuknya pasar baru, yakni pasar digital melalui kehadiran sosial media. Semua itu adalah bagian dari budaya populer yang menjadikan manusia memiliki hubungan erat dengan kegiatan konsumsi. Barang-barang yang dikonsumi melalui aktivitas virtual di dunia maya menjadi identitas sosial baru sebagai masyarakat modern yang dinamis. Penciptaan kebutuhan yang dilakukan di dunia virtual membuat manusia memiliki hasrat-hasrat untuk mengkonsumsi barang yang belum tentu di butuhkan dalam kesehariannya. Inilah memang tujuan dari sistem kapitalisme yang ingin menjadikan manusia sebagai budaknya.References
Amir Piliang, Yasraf, 2004. Dia yang dilipat : Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung : Jalasutra.
Assael, H. 1998. Consumer Behavior and Marketing Action 6th edition. NewYork : International Thomson Publishing.
Bakardjieva, Maria, 2005. Internet Society: The Internet in Everyday Life. London: Sage Publications.
Baudrillard, Jean. 1998. The Consumer Society. London. Sage Publication
Baudrillard, Jean P, 2004. Diterjemahkan oleh Wahyunto. Masyarakat Konsumsi.
Jogjakarta : Kreasi Wacana.
Feathersone, Mike, 1992. Consumer Culture and Posmodernism. London : Sage Publications
Goffman, Erving 1959.Presentation of Self in Everyday Life. New York: Doubleday Anchor Books.
Strinati, Dominic, 2016. Populer Culture Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarta: Narasi.
Sumber Internet
Instagram: @jualhermesasli. Diunduh pada 6 April 2017
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.