Code switching and mixing (Communication in Learning Language)

  • Ahmad Mustamir Waris STAIN Manado
    (ID)

Abstract

Abstrak;

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kadang berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda bahasa dengan kita. Dan bisa jadi perbedaan bahasa tersebut menjadi salah satu penghambat dalam proses komunikasi dalam masyakarat. Komunikasi dalam sebuah komunitas kelompok, begitupun dalam sebuah kelas,  merupakan hal yang paling penting dan mendasar dalam penyampaian maksud atau tujuan. Dalam hal ini bahasa yang merupakan alat komunikasi adalah elemen pokok untuk penyampaian hal-hal tersebut.  Dalam keseharian Seringkali dalam penyampaian tersebut dibutuhkan code switching (pengalihan bahasa) atau code mixing (penggabungan bahasa) yang bertujuan untuk membuat lawan bicara segera mengerti apa yang kita ucapkan, begitu pula dalam sebuah pembelajaran terkhusus pada pembelajaran bahasa asing. code switching  merupakan sebuah alternatif untuk melakukan percakapan dengan dua bahasa yang berbeda. Dimana saat ini code swtching menjadi sebuag fenomena luas dalam pengajaran bahasa Asing. Dalam sebuah pembelajaran, komunikasi merupakan salah satu unsur utama dan paling penting. Pengalihan dan penggabungan bahasa dalam pembelajaran, khususnya bahasa asing, merupakan salah satu trik agar si pembelajar secara tidak langsung dapat memahami bahasa yang mereka sedang pelajari. Guru membuat code swtiching di kelas untuk membuat makna yang jelas dan untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa dalam cara yang efisien. Namun, harus diingat bahwa dalam jangka panjang, ketika siswa mengalami interaksi dengan penutur asli suatu bahasa; code switching dapat menjadi penghalang yang mencegah saling dimengerti.

Kata kunci:

Pengalihan bahasa, Penggabungan bahasa, dan Pembelajaran

 

In everyday life, we sometimes communicate with other people of different languages with us. And it could be the difference in language became one of the obstacles in the process of communication in society. Communication in a community group, as well as in a classroom, is the most important and fundamental in the delivery of intent or purpose. In this case the language is a means of communication is a fundamental element for the delivery of these things. In everyday Often in the delivery of the required code switching (transfer language) or code mixing (incorporation language) which aims to make the other person immediately understand what we say, as well as in a learning especially those in foreign language learning. code switching is an alternative to have a conversation with two different languages. Where the current code swtching be sebuag widespread phenomenon in foreign language teaching. In a study, communication is one of the main and most important element. The transfer and incorporation of language in learning, especially foreign language, is one of the tricks that the learner can indirectly understand the language they are learning. Teachers make swtiching code in the class to make the meaning clear and to transfer knowledge to students in an efficient way. However, it should be remembered that in the long term, when students have interaction with native speakers of the language; code switching can be a barrier that prevents mutually intelligible.

Keywords:

Code switching, Code mixing and Learning
How to Cite
Waris, A. M. (1). Code switching and mixing (Communication in Learning Language). Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 123-135. https://doi.org/10.24252/jdt.v13i1.299
Section
Vol. 13 No. 1, Juni 2012
Abstract viewed = 4826 times