KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN IKLIM KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

  • Ida Suryani Wijaya STAIN Samarinda
    (ID)

Abstract

Abstract; Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia, dengan berkomunikasi manusia dapat berhubungan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari dimanapun manusia itu berada. Organisasi adalah sistem yang mapan dari mereka yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, melalui jenjang kepangkatan dan pembagian tugas. Salah satu ciri komunikasi organisasi yang paling nyata adalah konsep hubungan (relationship). Organisasi sebagai sebuah jaringan hubungan yang saling bergantung. Jika sesuatu saling bergantung, ini berarti bahwa hal-hal tersebut saling mempengaruhi dan dipengaruhi satu sama lain. Komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal ataupun nonverbal. Komunikasi interpersonal sebagai komunikasi anatar komunikator dengan komunikan, dianggap sebagai jenis komunikasi yang paling efektif dalam hal upaya mengubah sikap, pendapat, atau perilaku seseorang. Komunikasi interpersonal yang berlangsung secara intensif dengan mengutamakan aspek kuantitas dan kualitas yang seimbang, akan menciptakan hubungan interpersonal yang kuat antara atasan dan bawahan serta antarsesama karyawan, sehingga keterbukaan dan kepercayaan yang didapat dari proses komunikasi tersebut dapat turut menentukan perubahan sikap dan tingkah laku dalam organisasi. Kepuasan komunikasi membawa hubungan dengan kepuasan kerja, kepuasan kerja merupakan respons seseorang terhadap bermacam-macam lingkungan kerja yang dihadapinya, seperti teman sekerja, kebijakan, promosi dll. Pentingnya iklim yang mendukung dalam komunikasi organisasi lebih ditekankan untuk mendapatkan kepuasan kerja. Pimpinan sebagai orang yang bertanggung jawab dalam organisasi dapat memberikan kontribusi dalam membangkitkan iklim komunikasi yang baik dalam organisasinya. Kata Kunci : Komunikasi, Interpersonal, Iklim, Organisasi Communication is a basic human activity, with people communicate can relate to each other in everyday life wherever human being. Organization is established system of those who work together to achieve a common goal, through the ranks and division of tasks. One characteristic of most real organizational communication is the concept of the relationship (relationship). Organization as a network of interdependent relationships. If something interdependent, this means that these things affect each other and influenced each other. Interpersonal communication is communication between people face to face, which allows each participant capture the reactions of others directly, either verbally or nonverbally. Interpersonal communication as communication between communicator with communicant, regarded as the most effective type of communication in terms of efforts to change attitudes, opinions, or behavior. Interpersonal communication that takes place intensively with emphasis on the quantity and quality aspects are balanced, will create strong interpersonal relationships between superiors and subordinates and employees between people, so that openness and trust gained from the communication process can also determine changes in attitudes and behavior within the organization. Satisfaction communication carries relationship with job satisfaction, job satisfaction is an individual's response to various working environment it faces, such as coworkers, policy, promotion etc. The importance of a favorable climate in organizational communication is emphasized to obtain job satisfaction. Leadership as a responsible person in the organization can contribute to generate good communication climate in the organization Keywords : Communication , Interpersonal , Climate , Organization
How to Cite
Wijaya, I. S. (1). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN IKLIM KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115-126. https://doi.org/10.24252/jdt.v14i1.318
Section
Vol. 14. No. 1, Juni 2013
Abstract viewed = 31553 times