KOMUNIKASI POLITIK SYAHRUL YASIN LIMPO DAN NURDIN ABDULLAH DALAM PENCITRAAN PEMBANGUNAN DI SULSEL

  • Firdaus Muhammad Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Dalam kajian komunikasi politik, strategi pencitraan menjadi keniscayaan, sekalipun kadang berbeda dengan realitasnya, tetapi publik harus diyakinkan dengan retorika dan rekayasa pencitraan ihwal pembangunan dapat membangun opini publik keberhasilan seorang pemimpin. Bagi masyarakat Sulsel, strategi komunikasi politik Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Nurdin Abdullah di Bantaeng, cukup membanggakan terkait keberhasilannya membawa citra baik masyarakat Sulsel yang berhasil melakukan inovasi-inovasi pembangunan secara berkala.

            Keberhasilan membangun citra politik melalui media merupakan strategi yang digunakan SYL selaku gubernur Sulsel dan Nurdin Abdullah selaku bupati Kabupaten Bantaeng. Pemanfaatan media menjadi cara untuk mempublikasikan hasil-hasil pembangun yang telah dicapai. Artinya, kinerja mereka dengan berbagai capainnya dipublikasikan sehingga masyarakat luas mengetahuinya. Diaspora informasi melalui media dapat membentuk opini publik ihwal program-program pembangunan yang telah direalisasikan maupun agenda pembangunan yang sementara dalam proses penyelesaiannya.

            Dalam konteks pemerintahan, diniscayakan memaksimalkan citra diri dan karya-karya pembangunan  para pemimpin melalui publikasi media sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan serta masyarakat luas dapat mengenal sepak terjang dan kepemimpinan melaui kerja nyata.

Referensi

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, (Cet. 5; Jakarta: Kencana, 2011)

---------------------, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Cet. 2; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)

Dennis McQuail, Political Communication, dalam Mary Hawkesworth and Maurice Kogan, Encyclopedia of Government and Politics, Volume 1, (London: Routledge, 1992)

Henry Subiakto dan Rachmah Ida, Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi, (Jakarta: Kencana, 2015)

R.M. Perloff, Political Communication: Politics, Press, and Public in America (New Jersey and London : Lawrence Erlbaum, 1998)

Stanley J. Baran dan Dennis K. Davis, Teori Komunikasi Massa Dasar, Pergolakan dan Masa Depan, (Edisi. 5; Jakarta: Salemba Humanika, 2010)

Mulyana, Deddy, Komunikasi Politik, Politik Komunikasi: Membedah Visi dan Gaya Komunikasi Praktisi Politik, (Cet. 8; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Tabroni, Roni., Komunikasi Politik Soekarno: Mengguncang Dunia Lewat Pidato dan Tulisan, (Bandung: Simbiosa, 2015).

Thimas Tokan Pureklolon, Komunikasi Politik: Mempertahankan Integrasi Akademisi, Politikus dan Negarawan, (Jakarta: Gramedia, 2016).

Umaimah Wahid, Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru, (Bandung: Simbiosa, 2016)

Lynda Lee Kaid and Christina Holtz-Bacha, Encyclopedia of Political Communication, (California: Sage Publications, 2008)

Diterbitkan
2018-09-19
Bagian
Vol. 17, No. 1, Juni 2016
Abstrak viewed = 363 times