Kontribusi Metode Double Movement Fazrul Rahman Terhadap Penafsiran al-Qur'an

  • Sulkifli STAIN MAJENE
    (ID)
  • Nurul Hikmah Amir STAIN Majene
    (ID)
Keywords: Kontribusi, Metode, Double Movement

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai kontribusi metode double movement Fazlur Rahman terhadap penafsiran al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisis kepustakaan pada buku-buku dan jurnal penelitian ilmiah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digagas oleh Fazlur yaitu metode double movement memberikan kontribusi yang besar dalam panafsiran al-Qur’an. Hal itu dapat dilihat dari keefektifan penggunaan metode tersebut dalam menjawab persoalan-persoalan modern-kontemporer yang belum muncul pada tafsir klasik. Prinsip dari metode ini adalah penggunaan sosio histroris dalam memahami ayat al-Qur’an untuk bisa mengetahui pesan moral al-ayat Qur’an yang kemudian dijadikan sebagai acuan dalam menjawab persoalan kekinian.

References

DAFTAR PUSTAKA

Almahfuz, Munzir Hitami, Abu Anwar. The Double Poles Methodology of Islamic Studies Fazlur Rahman. 2021. Edureligia. Vol. 5 No. 2.

Burhanuddin. Poligami Perspektif Hermeneutika Fazlur Rahman. 2019. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 1 No. 2.

Farida, Ummu. Studi Pemikiran Fazlur Rahman tentang Sunnah dan Hadis. 2013. ADDIN. Vol. 7. No. 2.

Khikmatiar, Azkiya. Reinterpretation of the Hadith of Tashabbuh: Application of the Double Movement Fazlur Rahman’s Theory in Understanding the Hadith. 2018. ASILHA: Journal of Hadith Studies. Vol. 1. No. 1.

Mustaqim, Abdul. Dinamika Sejarah Tafsir Al-Qur’an: Studi Aliran-aliran Tafsir dari Periode Klasik, Pertengahan hingga Modern-Kontemporer. 2016. Cet. 2. Yogyakarta: Idea Press.

Muyasarah, Hanifah. Perempuan dalam Isue Poligami dan Kewarisan (Pendekatan Metode Double Movement Fazlur Rahman). 2021. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 9. No. 2.

Rahmi dan Novizal Wendry. Double Movements dalam Tafsir Al-Mishbah. 2019. Al-Bayan: Studi Al-Qur’an dan Tafsir. Vol. 4. No. 2.

Rosa, Andi. Tafsir Kontemporer: Metode dan Orientasi Modern dari Para Ahli dalam Menafsirkan Ayat Al-Qur’an. 2015. Banten: Depdikbud Banten Press.

Rosia, Rina. Disparitas Riba dan Bunga Bank: Perspektif Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman. 2020. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 07 No. 02.

Sumantri, Rifki Ahda. Hermeneutika Al-Qur’an Fazlur Rahman Metode Tafsir Double Movement. 2013. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah STAIN Purwokerto. Vol. 7. No. 1.

Ulyati, Fahmi. Pemikiran Fazlur Rahman dalam QS. An-Nisa [4]: 3 tentang Poligami. 2017. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum. Vol. III No. 01.

Vera, Susanti dan Fuad Hilmi. Aktualisasi Nilai Ideal Moral dalam Kehidupan Kontemporer Perspektif Al-Qur’an: Studi Interpretasi Surah Al-Alaq dengan Metode Double Movement Fazlur Rahman. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Wahdah, Yuniarti Amaliah. Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman dalam Studi Hadits. 2021. Al-Fawatih: Jurnal Kajian Al-Qur’an dan Hadis. Vol. 2. No. 2.

Widayani, Hanna. Neomodernisme Islam dalam Perspektif Fazlur Rahman. 2020. El-Afkar. Vol. 9. No.1.

Published
2023-08-02
Section
Artikel
Abstract viewed = 397 times