Cemburu dalam Al-Qur'an (Suatu Kajian Tafsir Tahlili Terhadap QS At-Tahrim 3-5)

  • Abdul Ghany Mursalin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Murdifina UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Cemburu, Al-Quran, Tafsir Tahlili

Abstract

Kajian ini menggunakan metode tafsir tahlili terhadap ayat-ayat 3- 5 dari Surah At-Tahrim dalam Al-Qur'an yang berkaitan dengan tema cemburu. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan
menganalisis perspektif Al-Qur'an mengenai cemburu dan mengidentifikasi pengajaran yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan tafsir tahlili, yang melibatkan analisis mendalam terhadap konteks sejarah, budaya, dan linguistik ayat-ayat yang dipelajari. Dalam kajian ini, ayat-ayat dari Surah At-Tahrim yang berhubungan dengan cemburu dipilih dan dianalisis dengan seksama. Hasil analisis menunjukkan bahwa Al-Qur'an memberikan pandangan yang komprehensif mengenai cemburu. Ayat-ayat yang diteliti menekankan pentingnya mengelola dan mengendalikan emosi cemburu, serta menunjukkan bahaya dan konsekuensi negatif dari cemburu yang berlebihan. Selain itu, Al-Qur'an juga memberikan petunjuk tentang cara membangun hubungan yang sehat berdasarkan kepercayaan, komunikasi, dan pemahaman yang saling mendukung antara pasangan suami istri. Kajian ini memberikan wawasan baru tentang perspektif Al-Qur'an terkait cemburu. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam mengatasi cemburu berlebihan dan membangun hubungan harmonis dalam konteks pernikahan dan keluarga. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menggali lebih dalam tentang tema cemburu dalam Al-Qur'an dan menerapkan pengajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

References

Abdul Qadir Abu Faris. Tazkiyah al-Nafs. Terjemahan Habiburrahman Saerozi. Menyucikan Jiwa. Cet. I. Jakarta: Gema Insani, 2006.

Maryam Kinanthi Nareswari. Wanita-Wanita yang diabadikan dalam al-Qur'an. Jakarta: n.d. Tersedia di: https://www.google.co.id/books/edition/Wanita_Wanita_Yang_Diabadikan_Dalam_Al_Q/2U4IEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=wanita-wanita+yang+diabadikan+dalam+al-Qur%27an&printsec=frontcover.

Adnan Hasan Baharit. Panduan Remaja Menuju Mahligai Pernikahan. Cet. I. Daru Falah, Darul Falah, 2015.

Rizem Aizid. Fiqh Keluarga Lengkap. Cet. I. Yogyakarta: Laksana, 2018.

Emeraldy Chatra. Orang Jemputan; Regulasi Seksualitas dan Poligami di Minangkabau. Cet.I. Padang: Merwa Hijau Publishing, 2005. Tersedia di: https://www.google.co.id/books/edition/Orang_Jemputan/ZHZ7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=orang+jemputan&pg=PA5&printsec=frontcover.

Halimatussadiyah. Cemburu, Agresi dan Penanggulangannya (Study Kasus Pada 3 Pasangan Suami Istri). Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004.

Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur'an Kementrian Agama RI. al-Qur'an dan Terjemahannya, Edisi Penyempurnaan 2019. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur'an, 2019.

Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq al-Sheikh. Lubatut Tafsir min Ibnu Katsir. Terjemahan M. Abdul Ghoffar, dkk. Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka Imam Syafi'i, 2004.

Sayyid Qutb Ibrahim Husain al-Syarabi. Fi Zilal Al-Qur'an (Tafsir Fi Zilalil-Qur'an di Bawah Naungan al-Qur'an Jilid 10). Terjemahan As'ad Yasin, dkk. Cet. I. Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an. Vol. 14. Cet. V. Jakarta: Lentera Hati, 2012.

Wahbah Zuhaili. Al-Tafsir Al-Munir, Fi 'Aqidah wa al-Syari'ah wa al-Manhaj (Tafsir al-Munir; akidah, syariah, Manhaj). Terjemahan Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Jilid 14. Cet. I. Jakarta: Gema Insani

Published
2023-08-02
Section
Artikel
Abstract viewed = 654 times