Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas Karya M. Quraish Shihab: Studi Komparatif Terhadap Metodologi Tafsir Al-Mishbāh dan Tafsir Al-Qur’an Al-Karim

  • Afwaz Fafaza Rif’ah UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
Keywords: M. Quraish Syihab, Metodologi, Tafsir Al-Mishbah, Tafsir Al-Quran

Abstract

Peneliti menggunakan pendekatan ilmu tafsir, linguistik, sejarah (historis). dengan menganalisis isi terhadap literatur dan mempunyai relevansi dengan masalah yang dibahas, kemudian mengulas dan disimpulkan. Adapun sub masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metodologi penafsiran M. Quraish Shihab terhadap QS al-Ikhlas dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Karim?, dan 2) Bagaimana metodologi penafsiran M. Quraish Shihab terhadap QS al-Ikhlas dalam Tafsir Al-Mishbāh ? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, metodologi penafsiran yang digunakan tafsir Al-Qur’ān Al-Karīm berkarakter nuzūlī, secara metodologi penyusunan disusun berdasarkan urutan turunnya surah, sehingga wajar penjelasan QS al-Ikhlās diawali dengan uraian surah ke-19 yang diturunkan dan dimulai dengan penjelasan tentang urutan turunnya QS Al-Ikhlās. Kedua, sedangkan metodologi penafsiran yang digunakan tafsir Al-Mishbāh berkarakter tafsir Tahlīlī, secara metodologi penyusunannya disusun berdasarkan urutan surah yang ada dal mushaf sehingga wajar QS Al-Ikhlās diletakkan pada urutan ke-112 dan uraian pembahasannya diawali dengan kategori surah, nama lain surah dan seterusnya. Penelitian ini penting untuk dikaji lebih mendalam lagi, mengingat metodologi penafsiran M. Quraish Shihab terhadap QS al-Ikhlas} dalam tafsir Al-Mishbāh dan tafsir Al-Qur’an Al-Karim ini merupakan hal yang menarik, Sehingga penulis berharap penelitian ini dapat menambah pemahaman masyarakat luas tentang penafsiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Karim dan Tafsir Al-Mishbāh-nya.

References

Abubakar, Achmad. Metodologi Tafsir Kajian Manhaj Para Musafir. Cet. I; Gowa: Alauddin University Press, 2014.

Baidan, Nashruddin. Metode Penafsiran Al-Qur’an. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Ghofur, Saiful Amin. Profil Para Mufasir Al-Qur’an. Yogyakarta : Pustaka Insani Madani, 2008.

Iqbal, Muhammad. Metode Penafsiran Muhammad Quraish Shihab. Jurnal Tsaqafah, Vol. 6, No. 2, Desember, 2010.

Mani’ Abd Halim Mahmud, Metodologi Tafsir Kajian Komprehensif Metode Para Ahli Tafsir. Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKIS, 2010.

Shihab, M. Quraish, Tafsi>r Al-Amanah. Cet. I; Jakarta: Pustaka Kartini, 1992.

------. Al-Qur’an dan Maknanya. Cet. I; Tangerang: Lentera Hati, 2010.

------. M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah; Pesan, Kisan dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 15, Cet. I; Jakarta: Lentera Hati, 2003 M.

------. M. Quraish. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1997 M.

------. M. Quraish. M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui Cet. VIII; Jakarta: Lentera Hati, 2010.

Salim, Abd. Muin. Achmad Abubakar, dkk., Metodologi Penelitian Tafsir Maudhu’i Yogyakarta: Pustaka al-Zikra, 2011.

Yunus, Mahmud. Tafsir al-Qur’an al-Karim. PT Hidakarya Agung, 2004.

al-Qat}t}ān, Mannā bin Khalīl. Mabāh}is fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Cet. III; Riyadh: Maktabah al-Ma’ārif li al-Nasyr wa al-Tauzī’, 2000.

al-Qa>sim, Abu ‘Ali> bin al-H}asan bin Hibatullah Ibn ‘Asa>kir. Ta>rikh Dimasyqī. Juz XXXIII, t.t.: Da>r al-Fikr li al-T}iba>‘ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi>‘, 1415 H/1995 M.

Published
2023-08-02
Section
Artikel
Abstract viewed = 837 times