Pembelajaran Kognitif Multimedia berbasis Kalbu Perspektif Al-Qur’an

  • Idrus Idrus STAI Nurul Iman Parung
    (ID)
Keywords: Kognitif, Multimedia, Emosi, Kalbu, Pancaindra

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teori kognitif multimedia dalam pembelajaran dapat mengeksplorasi berbagai emosi atau membangkitkan perasaan mental yang ada dalam kalbu peserta didik. Melalui pengkondisian kelas dan penggunaan unsur-unsur seperti gambar, suara, musik, animasi, dan teks di layar dalam pembelajaran serta ekspresi instruktur berpotensi meningkatkan efektivitas dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Kesimpulan ini didasarkan pada beberapa temuan, antara lain: pengaruh emosi dalam hati melalui pancaindra, penggunaan gambar dan suara sebagai bagian stimulus yang masuk melalui dua saluran berbeda yaitu mata dan telinga dapat menimbulkan emosi. Dalam Al-Qur'an dikatakan bahwa mata dan telinga tidak lepas dari kalbu dalam menerima informasi yang masuk ke dalam diri sehingga dapat mempengaruhi pemahaman serta perasaan manusia, sesuai firman Allah SWT Q.S al-Isrā'/17: 36, an-Nahl/ 16:78, Q.S. as-Sajdah/32:09, Q.S. Hud/11:5, Q.S. al-Mulk/67:23. QS: al-Insan/76:2, Q.S az-Zumar/39:45. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi yang menitikberatkan pada pendekatan analisis etnografi, dimana substansi kalimat-kalimat yang disajikan dapat dianalisis maksud dan tujuannya. Seluruh substansi kalimat yang disajikan mengacu pada jenis penelitian kualitatif dan diuraikan secara sistematis. Seluruh sumber data dalam penelitian ini berdasarkan pada penelitian kepustakaan, yang dalam analisisnya juga menggunakan analisis dari berbagai tafsir Al-Qur’an, hadis, dan kitab-kitab lain yang disesuaikan dengan topik pembahasan dalam penelitian ini.

References

Abdul Ghofar, Muhammad. E.M, and Abdurrahim Mu’thi. Tafsir Ibnu Katsir, 2003.

Ayres, Paul, and Fred Paas. “Cognitive Load Theory: New Directions and Challenges.” Applied Cognitive Psychology 26, no. 6 (November 2012): 827–32. https://doi.org/10.1002/acp.2882.

B. R. Hergenhahn, Matthew H. Olson. An Introduction to Theories of Learning. United States of America:Prenctice – Hall, Inc. Pearson/Prentice Hall, 2005.

Dawson, Kara, Jiawen Zhu, Albert D. Ritzhaupt, Pavlo Antonenko, Kendra Saunders, Jiahui Wang, and Linda Lombardino. “The Influence of the Multimedia and Modality Principles on the Learning Outcomes, Satisfaction, and Mental Effort of College Students with and without Dyslexia.” Annals of Dyslexia 71, no. 1 (April 1, 2021): 188–210. https://doi.org/10.1007/s11881-021-00219-z.

Doherty, Cailbhe. “An Investigation into the Relationship between Multimedia Lecture Design and Learners’ Engagement Behaviours Using Web Log Analysis.” PLoS ONE 17, no. 8 August (August 1, 2022). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0273007.

Laosethakul, Kittipong, and Thaweephan Leingpibul. “Investigating Student Perceptions and Behavioral Intention to Use Multimedia Teaching Methods for the SAP ERP System.” Journal of Business Education & Scholarship of Teaching. Vol. 15, 2021.

Lawson, Alyssa P., Richard E. Mayer, Nicoletta Adamo-Villani, Bedrich Benes, Xingyu Lei, and Justin Cheng. “The Positivity Principle: Do Positive Instructors Improve Learning from Video Lectures?” Educational Technology Research and Development 69, no. 6 (December 1, 2021): 3101–29. https://doi.org/10.1007/s11423-021-10057-w.

Liew, Tze Wei, Nor Azan Mat Zin, and Noraidah Sahari. “Exploring the Affective, Motivational and Cognitive Effects of Pedagogical Agent Enthusiasm in a Multimedia Learning Environment.” Human-Centric Computing and Information Sciences 7, no. 1 (December 1, 2017). https://doi.org/10.1186/s13673-017-0089-2.

Liew, Tze Wei, Wei Ming Pang, Meng Chew Leow, and Su Mae Tan. “Anthropomorphizing Malware, Bots, and Servers with Human-like Images and Dialogues: The Emotional Design Effects in a Multimedia Learning Environment.” Smart Learning Environments 9, no. 1 (December 1, 2022). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00187-w.

Matthews, Gerald, Moshe Zeidner, and Richard D Roberts. Emotional Intelegent, 2002.

Mayer, Richard E., Julie Heiser, and Steve Lonn. “Cognitive Constraints on Multimedia Learning: When Presenting More Material Results in Less Understanding.” Journal of Educational Psychology 93, no. 1 (2001): 187–98. https://doi.org/10.1037/0022-0663.93.1.187.

Mcleod, Saul. “Edward Thorndike: The Law Of Effect,” 2023. https://www.simplypsychology.org/edward-thorndike.html.

Paivio, Allan. Mind and Its Evolution : A Dual Coding Theoretical Approach. L. Erlbaum Associates, 2007.

Sigari, Salman, and Amir. H. Gandomi. “Analyzing the Past, Improving the Future: A Multiscale Opinion Tracking Model for Optimizing Business Performance.” Humanities and Social Sciences Communications 9, no. 1 (September 29, 2022). https://doi.org/10.1057/s41599-022-01325-y.

Wade, Carole, Carol Travis, and Maryanne Garry. Psikologi. Jakarta: Erlangga, 2016.

Published
2024-05-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 63 times