Corak Maqasidi dalam Kitam Nazm Al-Durar fi Tanasub Al-Ayat wa Al-Suwar Karya Burhan Al-Din Al-Biqai

  • Mar'atus Syarifah UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Hilyah Mahfudhoh 20 tahun
    (ID)
Keywords: Kitab NAzm Al-Durar, Al-Biqai, Corak Maqasidi

Abstract

Artikel ini akan membahas tentang kitab Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar karya al-Biqa>‘i>, beliau merupakan mufassir yang mengungkapkan munasabah dalam penafsirannya. Penulis akan membahas tentang bagaimana corak maqasidi dalam kitab tafsir Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar karya al-Biqa>‘i> ini. Metode penelitian yang digunakan adaah metode kualitatif yang bersifat studi kepustakaan (library research), dengan mengumpulkan data-data dari sumber primer yaitu kitab Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar karya al-Biqa>‘i> dan sumber-sumber lainnya yaitu buku, artikel, jurnal, dll. Hasilnya diperoleh bahwa dalam kitab tafsir ini, al-Biqai lebih fokus pada aspek munasabah dalam al-Qur’an sehingga corak yang terdapat pada penafsirannya menggunakan corak lughawi. Namun, terdapat pula corak lainnya dalam penafsirannya yakni corak maqa>s}idi. Corak maqa>s}idi dalam kitab Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar dapat ditemukan ketika membahas nama surah dalam al-Qur’an. Al-Biqa>‘i> sebelum menjelaskan ayat mengungkapkan maqa>s}id surah yang akan dibahas terlebih dahulu. Oleh karena itu, corak maqa>s}idi yang terdapat dalam kitab tafsir al-Biqa>‘i> merupakan maqa>s}id surah. Corak maqa>s}idi dalam kitab tafsir al-Biqa>‘i> ada untuk menjelaskan munasabah surah dalam al-Qur’an.

References

Abidin, Ahmad Zainal, and Ahmad Saddad. ‘MUNÂSABAH BETWEEN CHAPTERS ON QUR’AN IN THE AL-BIQÂ’Î PERSPECTIVE’. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an dan Tafsir 5.2 (2020): 345–363.

Al-Biqa>‘i>, Burhan Ad-Din. Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar. Vol. 19. Dar al-Kotb al-Ilmiyah, 2006.

———. Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar. Vol. 6. Dar al-Kotb al-Ilmiyah, 2006.

———. Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar. Vol. 22. Dar al-Kotb al-Ilmiyah, 2006.

———. Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar. Vol. 7. Dar al-Kotb al-Ilmiyah, 2006.

Aljuraimy, A, and AH Thahir. ‘Maqāsid Qs. Al-Fiil: Koneksitas Munasabah Dan Al-Kulliyāt Al-Khams’. ... . Al-Fiil: Koneksitas Munasabah ...Query date: 2023-12-13 15:07:41 (2019). Available: http://repository.iainkediri.ac.id/877/.

Ayu Nurvita Asri. ‘“LITERASI DALAM AL- Ayu Nurvita Asri, “LITERASI DALAM AL- QUR’AN (Studi Komparatif Tafsir Ibnu ‘Ashur Dan Al- Biqa’i Terhadap Surah Al ‘Alaq Ayat 1 - 5)” (UIN Sunan Ampel Surabaya)’. Skripsi (n.d.).

Basith, Abd. ‘Munasabah Surah dalam al-Qur’an- (Telaah Kitab Naz}m Al-Durar fi Tana>sub al-A>ya>t wa al-Suwar karya Burhanuddin al-Biqa>‘i>)’. Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2016.

Hidayati, Tri Wahyu. ‘Tafsir Maqa>s}idi as an Alternative Approach in Interpreting the Qur’an’. Journal of Islamic Studies and Humanities 5.2 (n.d.).

Mutiah, Mutiah, Dwi Noviani, and Pebriyanti Pebriyanti. ‘MUNASABAH AL-AYAH FI AL-QURAN’. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 7.2 (2022): 72– 78.

Shofiana, Anna, and Nailatuz Zulfa. ‘Kontinuitas Munasabah Dalam Al-Quran (Studi Terhadap Tafsir Mafatih al-Ghaib, Asrar tartib Nazhmud Durar fi Tanasubil Ayi was-Suwar, dan al- Manar)’. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman 5.02 (2021): 229–246.

Published
2024-05-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 74 times