MAKNA DAN FUNGSI TASBIH (Suatu Kajian Tafsir Tematik terhadap Term al-Tasbīḥ dalam al-Qur’an)

  • Aan Parhani Program Studi Ilmu Al-QuranFakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tasbih merupakan “kegiatan” utama dalam kehidupan seorang muslim. Bukan sekedar mengucapkan kalimat subhanallah, namun jauh lebih dalam makna tasbih ternyata dapat dilihat dalam berbagai sisi, terutama melihatnya dari persebaran makna dan fungsinya dalam al-Quran. dalam penelitian ini akan menggunakan dan menjelaskan kosakata atau istilah al-tasbīḥ secara khusus.  Adapun makna ragam makna tasbih dalam al-Quran ada lima pemaknaan: al-Shalah, al-zikr,  al-Ibadah, al-du’a, al-istisna. Sedangkan fungsi dari tasbih terdiri dari, bisa Membuat Hati Gembira, Senang, dan Tenang (Tenteram), Mendatangkan Rahmat Allah, Terbebas dari Kegelapan Hidup, dan akan Mendatangkan Pahala di Dunia dan Akhirat, Sebagai Doa,  dan Bisa Mendatangkan Rida Allah swt.

Author Biography

Aan Parhani, Program Studi Ilmu Al-QuranFakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
Program Studi Ilmu Al-QuranFakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

References

‘Abd al-Bāqī, Muḥammad Fu’ād. al-Mu‘jam al-Mufahras li Alfāẓ al-Qur’ān al-Karīm. Kairo: Dār al-Ḥadīṡ, 2003.

Abū al-Sa‘ūd.Irsyād al-‘Aql al-Salīm ilā Mazāyā al-Qur’ān al-Karīm (Tafsīr Abī Sa‘ūd). Beirūt: Dār Ihyā al-Turāṡ al-‘Arabī, t.th..

Al-Andalūsī, Abū Muḥammad ‘Abd al-Haq bin Gālib bin ‘Aṭiyyah. al-Muḥarrar al-Wajīz fī Tafsīr al-Kitāb al-‘Azīz. Cet. I; Beirūt: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2001.

Al-‘Asqalānī, Ibn Ḥajar.Fatḥ al-Bārī bi Syarḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Cet. I; Riyāḍ: Maktabah al-Malik Fahd al-Waṭaniyyah, 2001.

Al-Aṣfahāni, Al-Rāgib.Mu‘jam Mufradāt Alfāẓ al-Qur’ān. Beirūt: Dār al-Fikr, t.th..

Louis Ma’lūf.al-Munjid fī al-Lugah wa al-A‘lām.Cet. XXVIII; Beirut: Dār al-Masyriq, 1986.

Mardan.Wawasan al-Qur'an Tentang Malapetaka. Jakarta: Pustaka Arif, 2009.

Mattola, Muhammad Ghalib. Ahl al-Kitab; Makna dan Cakupannya. Jakarta: Paramadina, 1998.

Al-Marāgī, Aḥmad Muṣṭafā. Tafsīr al-Marāgī. Cet. II; Beirut: Dār Ihyā al-Turāṡ al-‘Araby, 1985.

Al-Naisābūrī, Muslim bin al-Ḥajjāj Abū al-Ḥusain al-Qusyairī. Ṣaḥīḥ Muslim. Taḥqīq: Muḥammad Fu’ād ‘Abd al-Bāqī. Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāṡ al-‘Arabī, t.th.

Al-Najdī, ‘Abd al-Raḥmān bin Muḥammad bin Qāsim al-‘Āṣimī, ed. Majmū‘ Fatāwā Ibn Taimiyah. Riyāḍ: ‘Ālam al-Kutub, 1412 H.

al-Qarḍāwī, Yusuf.al-‘Ibādah fī al-Islām.Cet. XIX; Beirūt: Muassasah al-Risālah, 1988.

Al-Qurṭūbī, Abū Abdillāh Muḥammad bin Aḥmad bin Abī Bakr.al-Jāmi‘ li Ahkām al-Qur’ān, Jilid XIII. Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risālah, 2006.

Al-Quzwainī, Muḥammad bin Yazīd Abū ‘Abdillāh. Sunan Ibn Mājah. Beirūt: Dār al-Fikr, t.th.

al-Rāzī, Al-Imām Muḥammad Fakhruddīn.Mafātīh al-Gaib (al-Tafsīr al-Kabīr).Cet. I; Beirūt: Dār al-Fikr, 1401H/1981M.

Riḍā, Muḥammad Rasyīd. al-Wahyu al-Muḥammady.Cet. X; Beirūt: al-Maktab al-Islāmy, 1985.

Al-Sa‘dī, ‘Abd al-Raḥmān bin Nāṣir. Taisīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr Kalām al-Mannān. Cet. II; Riyāḍ: Dār al-Salām lī al-Nasyr wa al-Tauzī‘, 2002.

al-Ṣan‘ānī,‘Abd al-Razzāq.Tafsīr al-Qur’ān. Riyāḍ: Maktabah al-Rusyd, t.th..

Shihab, M. Quraish.Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an.Cet. IX; Jakarta: Lentera hati, 2008.

_______.Wawasan al-Qur’an Tentang Dzikir dan Do‘a. Cet. III; Jakarta: Lentera Hati, 2008.

_______. Yang Halus dan Tak Terlihat: Setan dalam al-Qur’an. Edisi Baru. Cet. III; Jakarta: Lentera Hati, 2011.

al-Suyuṭī, Jalāl al-Dīn ‘Abd al-Raḥmān bin Abī Bakr.Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb al-Nuzūl (Hāmisy Tafsīr al-Jalālain). Cet. IV; Beirūt: Dār Ibn Kaṡīr, 1989.

Al-Sya‘rāwī, al-Syaikh Muḥammad Mutawallī. Tafsīr al-Sya‘rāwī. Taḥqīq: Aḥmad ‘Umar Hāsyim. Kairo: Akhbār al-Yaum, 1991.

Al-Ṭabarī, Abu Ja‘far Muḥammad bin Jarīr.Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān. Cet. I; Beirūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1412 H.

al-Ṭabarī, Abū Ja‘far Muḥammad bin Jarīr.Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān (Tafsīr al-Ṭabarī). Cet. I; Kairo: Hajr lī al-Ṭibā‘ah wa al-Nasyr wa al-Tauzī‘ wa al-I‘lān, 2001.

al-Tirmiżī, Abū ‘Īsā Muḥammad bin ‘Īsā.al-Jāmi‘ al-Ṣaḥīḥ (Sunan al-Tirmiżi), Kairo: Muṣṭafā al-Bāb al-Ḥalabī, t.th..

Al-Tirmiżī, Abū ‘Īsā Muḥammad bin ‘Īsā. Sunan al-Tirmiżī. Beirūt; Dār Ihyā’ al-Turāṡ al-‘Arabi, t.th..

al-Zamakhsyārī, Jār Allāh Abī al-Qāsim Maḥmūd bin ‘Umar.al-Kasysyāf ‘an Ḥaqāiq Gawāmiḍ al-Tanzīl wa ‘Uyūn al-Aqāwīl fī Wujūh al-Ta’wīl, jilid IV, taḥqīq: ‘Ādil Aḥmad ‘Abd al-Maujūd. Cet. I; Riyāḍ: Maktabah al-‘Abīkān, 1998.

Al-Zarqānī, Muhammad ‘Abd al-‘Aẓīm. Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Cet. I; Beirūt: Dār al-Fikr, 1996.

Published
2018-12-31
Section
Volume 06 Nomor 02 2018
Abstract viewed = 2733 times