REKONSTRUKSI SEJARAH KENABIAN DALAM TAFSIR NUZULI (Studi Kitab Fahm al-Qur’ān al-Ḥakīm: at-Tafsīr al-Wāḍiḥ ḥasb Tartīb an-Nuzūl Karya al-Jabiri)

  • Yuliana Jamaluddin Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Sejarah dan tafsir adalah dua disiplin ilmu keislaman yang berdiri sendiri. Namun demikian, sejarah dan tafsir kemudian berupaya diintegrasikan melalui model tafsir nuzuli, yaitu tafsir yang disusun berdasarkan kronologi turunnya wahyu, dan bukan berdasarkan urutan mushaf. Al-Jabiri adalah salah seorang intelektual muslim yang menyusun tafsir dengan model nuzuli, dengan keyakinan bahwa al-Qur’an yang diturunkan secara berangsur-angsur secara langsung merefleksikan perjalanan sejarah kenabian Muhammad saw. al-Qur’an adalah dokumen paling akurat yang dimiliki oleh umat Islam yang berasal dari masa awal perkembangan Islam, sebab upaya pemeliharaannya tidak pernah berhenti dilakukan. Meskipun al-Qur’an tidak menyebutkan tempat dan waktu terjadinya sebuah peristiwa sejarah secara eksplisit, namun substansi dan alur sejarah kenabian tergambar dalam tahapan-tahapan penurunan wahyu.

Author Biography

Yuliana Jamaluddin, Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Ahmad, H.A. Malik. Tafsir Sinar. t.tp.: al-Hidayah, t.t.

Hidayatulummah, Rr. Tsalis. Penafsiran Abdullah Said Terhadap Lima Surat Yang Pertama Turun: Analisis Metodologis Atas Buku Panduan Berislam. Skripsi UIN Sunan Kalijaga, 2005.

Al-Jābirī, Muḥammad ‘Ābid. Fahm al-Qur’ān al-Ḥakīm: at-Tafsīr al-Wāḍiḥ ḥasb at-Tartīb an-Nuzūl. Beirut: Markaz Dirāsāt al-Waḥdah al-‘Arabiyyah, 2008.

___________. Madkhal ilā al-Qur’ān al-Karīm. Beirut: Markaz Dirāsāt al-Waḥdah al-‘Arabiyyah, 2006.

Al-Maidānī, ‘Abd ar-Raḥmān Ḥasan Ḥanbakah. Maʻārij at-Tafakkur wa Daqā’iq at-Tadabbur: Tafsīr Tadabburī li al-Qur’ān al-Karīm bi ḥasb at-Tartīb an Nuzūl. Damaskus: Dār al-Qalam, 2000.

Nöldeke, Theodor, Schwally, dkk. The History of the Qur’an. Leiden: Brill, 2013.

Qadafy, Mu’ammar Zayn. Buku Pintar Sababun Nuzul dari Mikro Hingga Makro: Sebuah Kajian Epsitemologis. Yogyakarta: IN AzNa Books, 2015.

Quṭb, Sayyid. Masyāhid al-Qiyāmah fī al-Qur’ān. Dār asy-Syurūq, 1947.

Setiawan, Nur Kholis dan Sahiron Syamsuddin. Orientalisme al-Qur’an dan Hadis. Cet. I; Yogyakarta: Nawesea Press, 2007.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir atas Surat-Surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu. Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.

Sirry, Mun’im. Kontroversi Islam Awal Bandung: Mizan, 2015.

Wijaya, Aksin. Sejarah Kenabian Dalam Perspektif Tafsir Nuzuli Muhammad Izzat Darwazah. Bandung: Mizan, 2016.

Published
2019-02-08
Section
Volume 05 Nomor 01 2017
Abstract viewed = 227 times