PENEGAKAN SYARI`AT ISLAM KAJIAN TEMATIK PADA FRASE IQAMATUDDIN DALAM Q.S. AL-SYURA/42: 13

  • Aan Parhani Prodi Ilmu Al-QUran dan Tafsir Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Iqâmat al-dîn adalah penegakkan ajaran agama Islam, sebagai satu-satunya agama yang diturunkan Allah kepada seluruh nabi-Nya, yang mencaku seluruh aspek ajarannya, dengan memenuhi segala syarat-syaratnya, dan dilandasi dengan pengetahuan yang benar dan memadai serta keikhlasan, dan dilakukan secara terus-menerus oleh seluruh komponen masyarakat (baca: umat), terutama penguasa atau pemerintah, sehingga menjadi suatu ketetapan (kebiasaan) dalam diri pribadi dan masyarakat. Wujud Iqâmat al-dîn adalah mencakup segala aspek agama: aqidah, syari`ah dan akhlak, yang dalam pelaksanaannya menuntut peran aktif seluruh komponen umat, terutama waliy al-amr. Tujuan iqâmat al-dîn setidaknya bisa dirumuskan sebagai upaya meluruskan aqidah, menciptakan tatanan kehidupan yang baik dan benar, serta menciptakan kedamaian dan kerukunan hidup.

Author Biography

Aan Parhani, Prodi Ilmu Al-QUran dan Tafsir Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
Prodi Ilmu Al-QUran dan Tafsir Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya, Al-Madinah al-Munawwarah: Mujamma` al-Malik Fahd li al-Thibâ`ah al-Mushhaf al-Syarif, 1418 H.

Abd al-Bâqy, Muhammad Fu’ad, al-Mu`jam al-Mufahras li Alfâzh al-Qur’an al-Karîm, Beirut: Dâr al-Ma`rifah, 2003, cet. II.

Ahmed, Akbar S., Discovering Islam, Making Sence of Muslim History and Society, diterjemahkan oleh Nunding Ram dan Ramli Yakub dengan judul Citra Muslim, Tinjauan Sejarah dan Sosiologi, Jakarta: Erlangga, 1992, cet. I.

Al-Ashfahany, Al-Raghib, Mu`jam Mufradât Alfâzh al-Qur’ân, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Cawidu, Harifuddin, Konsep Kufr Dalam al-Qur’an; Suatu Kajian Teologis dengan Pendekatan Tafsir Tematik, Jakarta: Bulan Bintang, 1991, cet. I.

Dasuki, H. A. Hafizh, et.al., Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, 1994.

Ibn Faris, Abu al-Husain Ahmad, Mu`jam Maqayîs al-Lughah, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Ibn Manzhur, Lisan al-Arab, Kairo: Dar al-Hadits, 2003.

Al-Jazâiry, Abu Bakar Jabir, Minhâj al-Muslim, Madinah: Maktabah al-`Ulum wa al-Hikam, 1419 H, cet. VI, yang telah diterjemahkan oleh Musthofa `Aini, dkk., dengan judul Panduan Hidup Seorang Muslim, T.Tp: PT. Megatama Sofwa Pressindo, t.th.

Ma’luf, Louis, Al-Munjid fi Al-Lughah wa Al-A’lam, Beirut: Dar al-Masyriq, 2002, Cet. XXXIX.

Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa, Tafsir al-Maraghi, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Muzaffari, Mehdi, Authority in Islam, diterjemahkan oleh Abdul Rahman Ahmed dengan judul Kekuasaan dalam Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1994, cet. I.

Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya (dua jilid), Jakarta: UI Press, 1986, cet. VI.

Quthb, Muhammad, Haula Tathbîq al-Syarî`ah, Kairo: Maktabah al-Sunnah, 1412 H, cet. II.

Rahardjo, M. Dawam, Ensiklopedi al-Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci, Jakarta: Paramadina, 1996, cet. I.

Ridha, Muhammad Rasyid, Tafsir al-Qur’an al-Hakim (Tafsir al-Manar), Beirut: Dar al-Ma`rifah, t.th.

Al-Sa`dy, Abdul Rahman ibn Nashir, Taisîr al-Karîm al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm al-Mannân, Riyadh: Dar al-Salam, 2002, cet. II.

Salim, Abdul Muin, Fiqh Siyasah: Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Qur’an, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002, cet. III.

Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbâh; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2005, cet. IV.

----------------- , Wawasan al-Qur’an; Tafsir Maudhu`i atas Perbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 2005, cet. XVI.

Al-Suyuthi, Jalaluddin ibn Abd al-Rahman ibn Abi Bakr, Lubâb al-Nuqûl fi Asbâb al-Nuzûl (Hâmisy Tafsîr al-Jalâlain), Beirut: Dar Ibn Katsir, 1989, cet. IV.

Al-Thabâthabâ’iy, Muhammad Husain, al-Mîzân fî Tafsîr al-Qur’ân, Beirut: Muassasah al-A`lamy li al-Mathbû`ât, 1973, cet. II.

Usman, Fathimah, Wahdat al-Adyan; Dialog Pluralisme Agama, Yogyakarta: LKiS, 2002, cet. I.

Zakaria, Abd. Wahab, Pokok-Pokok Pikiran Tentang Politik Islam, Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang “Sinergitas Islam dan Politik”, yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar, pada tanggal 24 Nopember 2007.

Al-Zuhaily, Wahbah, al-Tafsîr al-Munîr fî al-`Aqîdah wa al-Syarî`ah wa al-Manhaj, Beirut: Dar al-Fikr al-Mu`âshir, 1991, cet. VI.

---------------- , Tathbîq al-Syarî`ah al-Islâmiyyah, Damaskus: Dâr al-Maktaby, 2000, cet. I.

Published
2019-03-24
Section
Volume 03 Nomor 01 2015
Abstract viewed = 158 times