WAWASAN HADIS TENTANG ETIKA BISNIS
Abstract
Lahirnya pemikiran tentang etika bisnis berdasarkan atas realitas bisnis yang cenderung mengabaikan etika. Sisi lain, bisnis merupakan aktivitas ekonomi yang bertujuan memperoleh keuntungan menurut hukum ekonomi klasik, modal yang sedikit dan memperoleh keuntungan yang besar. Kemungkinan, hukum itulah yang menyebabkan pelaku bisnis meninggalkan etika dan hanya berorientasi kepada keuntungan semata. Sebagai ajaran yang integratif, al-Qur’an telah menggambarkan secara global tentang bisnis Islam, akan tetapi Hadis lebih menjelaskannya secara lebih terinci di dalam berbagai kitan Hadis. Alasan inilah, artikel menyoroti tentang etika bisnis dari perspektif Hadis. Ini sekaligus menolak anggapan bahwa aktivitas bisnis tidak terkait dengan bisnis. Di samping itu, artikel ini bermaksud mengembangkan prinsip-prinsip etika bisnis di dalam Hadis. Agar tujuan tercapai, penulis menggunakan 9 kitab hadis sebagai sumber data primer. Penelitian ini adalah kualitaif dengan metode analisis tematik, historis dan perbandingan. Melalui metode tersebut ditemukan bahwa etika bisnis dalam Hadis meliputi kejujuran (shiddiq), kepercayaan (amanah), keadilan dan keseimbangan (‘adl), toleransi (tasamuh), dan bebas memilih (khiyar). Prinsip-prinsip ini telah dipraktekkan oleh Nabi sebelum diangkat sebagai Rasulullah.
References
Abu Daud, Sulaiman Ibn al-Asy’asy, al-Sijistany al-Azdi, Sunan Abi Daud juz. 4 T.tp: Dar al-Fikr, t.t.
Amin, Ahmad, Etika (Ilmu Akhlak). Penerjemah, Farid Ma'ruf. Jakarta, PT. Bulan Bintang, 1995.
Bertens, K., Etika. Jakarta: Gramedia, 1999.
Al-Bukhari, Sahih al-Bukhari. juz 2, 902. Kitab al-Syahadat Bab Man Umir bi Injaz al-Wa’d.
Daiber, Hans, dalam Seyyed Hossein Nasr and Oliver Leamen, History of Islamic Philosophy. London: Routledge, 1996.
Al-Darimy, Sunan al-Darimy, juz 1, h. 21. Kitab al-Muqaddimah Bab Kaif Kana Awwal Sya’n al-Nabiy.
Fachri, Madjid, Etika dalam Islam, Penerjemah Zakiyuddin Baidhawy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar & UMS Surakarta, 1996.
Fauroni, R. Lukman, Etika Bisnis dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustidaka Pesantren, 2006.
Fergunson, C. E. dan J. P. Gould, Micro Economi Theory. Yale: Loyd G. Reynold, 1975.
Al-Ghazaly, Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad, Ihya Ulumuddin, juz 2 Kairo: Dr al-hadits).
Hasan, Nik Kustafa Hj. Nil, “Prinsip-prinsip Ekonomi Islam”, dalam M. Rusli Karim, ed., Berbagai Aspek Ekonomi Islam. cet, 1; Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya dan P3EI UII, 1992.
Hidayat, Kamaruddin, “Etika dalam Kitab Suci dan Relevansinya dalam Kehidupan Modern: Studi Kasus Di Turki”, dalam Budi Munawwar Rahman, Kontekstualitas Doktrin Islam dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina, 1995.
Ibnu Hanbal, Ahmad, Musnad Ahmad, juz 2, h. 397. Kitab Baqi Musnad al-Muktsirin Bab Musnad Abi Hurairah.
Ismail, Syuhudi, Kaedah Kesahihan Sanad Hadis. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
Keegan, Warren J. Management Pemasaran Global. Penerjemah Alex Hastin. Jakarta: Prehalindo, 1996.
Al-Khatib, Abd al-Karim, al-Siyasah al-Maliyah fi al-Islam. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1961.
Muslim, Sahih Muslim, juz 2, h.342. Kitab al-Iman Bab Qaul al-Nabiy saw. Man Gassyana Falaisa Minna
Al-Qarni, ‘Aid Ibn ‘Abdullah,Visualisasi Kepribadian Muhammad SAW. Penerjemah Bahrun Abubakar Ihsan Zubaidi Lc. Bandung: Irsyad Baitul Salam, 2006.
Al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, juz 2. Kitab al-Tijarat Bab Man Ba’a ‘Aiban Falyubayyinh.
Al-Qusyairi, Muslim Ibn al-Hajjaj Abu al-Husain al-Naisaburi, Sahih Muslim, juz 3 Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, t.t.
Raharjo, M. Dawam, Perspektif Deklarasi Makkah Menuju Ekonomi Islam. Bandung: Mizan, 1991.
Sabiq, Sayid, Fiqh al-Sunnah. cet. 12; juz 12, Bandung: al-Ma’arif, 2001.
Safiyuddin, Ahmad 'Aud, al-Saq fi al-Islam. Riyadh: Wazarah al-Ta'lim al-'Ali, 1409.
Al-Siba’i, Muhammad, al-Sunnah wa Makanatuh fi³ al-Tasyri al-Islami. t.tp.: al-Dar al-Qawmiyah, 1966.
Al-Turmuzy, Sunan al-Turmuzy, juz 4, h.323. Kitab al-Birr wa al-Shilah ‘an Rasulillah Bab Ma Jaa fi Rahmah al-Nas.