KORELASI LINEARITAS ILMU DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Studi atas Pembelajaran Ilmu Hadis pada UIN Alauddin Makassar
Abstract
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara linearitas ilmu dosen terhadap hasil belajar, baik menyangkut prestasi belajar maupun tingkat kepuasan mahasiswa UIN Alauddin Makassar dalam pembelajaran Ilmu Hadis tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini menggunakan mix method, yakni penelitian yang mengkombinasi pendekatan kuantitatif korelasional dan kualitatif deskriptif-elaboratif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial melalui analisis korelasional antara variabel X (Linearitas Ilmu Dosen) dan variabel Y (Hasil belajar) yang dibagi kepada prestasi belajar mahasiswa (Ya) dan tingkat kepuasan mahasiswa (Yb). Obyek penelitian adalah dosen Hadis dan Ilmu Hadis pada Program Pasacasarjana dan Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin, Filsafat, dan Politik UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara linearitas ilmu dosen dengan hasil belajar mahasiswa pada Program Pascasarjana, baik pada tingkat S2 maupun S3 namun hal yang berbeda pada Program Studi Ilmu Hadis (S1) atau terdapat korelasi yang signifikan antara linearitas ilmu dosen dengan hasil belajar mahasiswa, yakni bagi yang memiliki latar belakang pendidikan S1 memeroleh nilai rata-rata ‘sangat baik’ sedangkan yang tidak memiliki latar belakang pendidikan S1 memeroleh nilai rata-rata ‘baik’. Adapun korelasi antara kompetensi dosen dengan hasil belajar mahaisswa PPs adalah ‘sangat kuat’, yakni prestasi mahasiswa memeroleh nilai 0.90 dan tingkat kepuasan mahasiswa memeroleh nilai 0.85 dan demikian pula halnya korelasi antara kompetensi dosen dan hasil belajar mahasiswa Prodi Ilmu Hadis adalah ‘sangat kuat’, yakni prestasi belajar memeroleh nilai 0.92 dan tingkat kepuasan memeroleh nilai 0.84. Hasil penelitian ini merekomendasikan peningkatan kompetensi dosen Prodi Ilmu Hadis dan perlunya mempertimbangkan latar belakang pendidikan S1 yang linear dengan bidang keilmuan dalam perekrtutan dosen pada strata satu (S1).References
Ahmad, Arifuddin. 2005. Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi: Refleksi Pemikiran Pembaruan Prof. Dr. Muhammad Syuhudi Ismail. Cet. I, Jakarta: Renaisan.
Ahmad, Arifuddin, 2012. Metodologi Memahami Hadis Nabi: Kajian Ilmu Ma’an al-Hadis. Makassar: Alauddin Press.
Ahmad, Arifuddin, 2014. Ihya’ al-Sunnah: Pembumian Hadis dalam Kehidupan. Makassar: Alauddin Press.
Ahmadin. Metode Penelitian Sosial, Makassar: Rayhan Intermedia, 2013.
Alwi, Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Ketiga, Al-Bannani, Hasyiayah ‘ala Syarh Muhammad bin Ahmad al-Mahalli ‘ala Matn al-Jawami’ li al-Imam Taj al-Din ‘Abd al-Wahab ibn al-Subki. Juz II, Dar Ihya` al-Kutub al-‘Arabiyah.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Belly, Ellya dkk. 2006. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntasi. Simposium Nasional Akuntasi 9 Padang.
Bob dan Anik Anwar. 1983. Pedoman Pelaksanaan Menuju Pra Seleksi Murni. Bandung : Ganesa Exact.
C. Trihendradi, Step by Step SPSS 20 Analisis Statistik, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.
Djayadisastra, Yusuf. 1989. Psikologi Perkembangan. Bandung: BPGT.
Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Ibn Manzhur, Muhammad bin Mukran. Lisan al-‘Arab, Juz II, Mesir: Dar al-Mishriyah.
Ilyas, Yunahar dan M. Mas’udi. 1996. Perkembangan Pemikiran terhadap Hadis. Cet. I Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Ismail, M. Syuhudi, 1413 H/1992. Metodologi Penelitian Hadis Nabi. Jakarta: Bulan Bintang.
Kasniyah, Naniek, Metode Penentuan Informan dalam penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ombak, 2012.
Al-Khathib, Muhammad ‘Ajjaj. Ushul al-Hadis ‘Ulumuh wa Mushthalahuhu. Cet. III, Beirut: Dar al-Fikr, 1395 H/1975 M.
Lewis, Bernard. 1988. The Political Language of Islam. Chicago: University Chicago.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 1995.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. IV; Jakarta: Kalam Mulia. 2005.
Sagala, Syaiful, Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta, 2005.
Al-Shubhih al-Shalih. 1977. ‘Ulum al-Hadis wa Mushthalahuh., Cet. IX, Beirut: Dar al-‘Ilm li al-Malayin.
Al-Siba’i, Mushthafa. 1966. al-Sunnah wa Makanatuha fi al-Tasyri’ al-Islami. Kairo: al-Dar al-Qawmiyah.
Spradley, James P., Participation Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1990.
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alvabeta, 2005.
Sukardi. 1987. Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya: Usaha Nasional.
Al-Syaukani, Muhammad bin ‘Ali bin Muhamamd. 1393 H/1973 M. Fath al-Qadir. Juz I, Beirut: Dar al-Fikr.
Tono, Achmad. 1978. Metode Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru.
Al-Thahhan, Mahmud. 1979. Taysir Mushthalah al-Hadi., Beirut: Dar al-Qur’an al-Karim.
Woodward, Mark R. 1993. “Textual Exegesis as Social Commentary: Religious, Social, and Political Meanings of Indonesian Translations of Arabic Hadith Texts” The Journal of Asian Studies, Vol. 52 No. 3.
Al-Zamakhsyari, Abu al-Qasim Jar Allah Mahmud bin ‘Umar. 1417 H/1997 M.al-Kasysyaf ‘an Haqaiq al-Tanzil wa ‘Uyun al-Aqawil fi Wujuh al-Ta’wi., Juz IV, Beirut: Dar al-Turas al-‘Arabi.
Webster’s New Internasional Dictionary, 1951.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
(2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
(3) Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Biogenesis prior the publication.