HADIS GAIR MA‘MŪL BIH (Studi atas Hadis Sahih Tapi Tidak Aplikatif)

  • H. Rajab Z IAIN AMBON
    (ID)

Abstrak

Abstrak:

Tulisan ini bermaksud menjelaskan tentang hadis gair ma‘mūl bih, suatu istilah untuk menunjukkan adanya hadis Nabi yang meskipun dapat diterima sebagai sumber ajaran agama, tetapi ternyata hadis-hadis tersebut tidak aplikatif. Penelitian dilakukan pada matn dari hadis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengandalkan sumber-sumber pustaka, berupa kitab-kitab hadis, buku, artikel ilmiah dan sumber pustaka lain yang dianggap relevan. hasil penelitian menunjukkan bahwa istilah hadis gair ma‘mūl bih berkaitan dengan 2 hal, yang pertama, tentang hadis mutashābih, yaitu hadis yang di dalam teksnya terdapat lafal yang tidak dapat diungkap maknanya secara pasti, sehingga harus ditangguhkan pengamalan hadis tersebut atau maknanya dialihkan ke pengertian yang lain yang sebenarnya bukan makna dari lafal tersebut, dan kedua, tentang mukhtalif al-ḥadith, yaitu hadis yang kandungan matannya kontradiktif antara satu dengan lainnya. Ada beberapa faktoryang menjadi penyebab terjadinya pertentangan antarmatan hadis, yaitu al-qalb, al-Idrāj, ziyādat al-thiqah dan taīf. Faktor-faktor ini adalah shudhūdh hadis, dan hadis yang dimasukinya menjadi shādhdh, sedangkan hadis yang bertentang dengannya yang lebih kuat disebut maḥfūẓ.

Abstract:

This paper intends to explain the hadith gair ma'mūl bih, a term to indicate the existence of the Prophet's traditions which, although they can be accepted as a source of religious teachings, are in fact not applicable. The research was conducted on the matn of the hadith using descriptive qualitative methods by relying on literary sources, in the form of hadith books, books, scientific articles and other literature sources that are considered relevant. The results of the research show that the term hadith gair ma'mul bih is related to two things, about the hadith mutashābih, namely the hadith in which the text contains a pronunciation whose meaning cannot be revealed with certainty, so that the practice of the hadith must be postponed or the meaning is transferred to the meaning. the other which is actually not the meaning of the pronunciation, and about mukhtalif al-ḥadith, namely the hadith whose contents contradict one another. There are several factors that cause contradictions between the matanhadiths, namely al-qalb, al-Idrāj, ziyādat al-thiqah and taṣḥīf . These factors are the shudhūdh of hadith, and the hadith that it includes becomes shādhdh, while the hadith that is contrary to it which is stronger is called maḥfūẓ.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abbas, Hasjim. Kritik Matan Hadis. Yogyakarta: Teras, 2004.

Abdur Razzaq. “Studi Analisis Komparatif Antara Ta’wil Dan Hermeneutika Dalam Penafsiran Al-Qur’an.” Wardah 17, no. 2 (2016): 89–114. http://jurnal.radenfatah. ac.id/index.php/ warda/article/view/961/784.

Al-Ahdab, Khaldun. Asbāb Ikhtilāf Al-Muḥaddithīn: Dirāsat Naqdiyat Muqāranat Hawla Asbāb Ikhtilāf fī Qabūl al-Aḥādith wa Raddiha. Jeddah: al-Dār al-Sa‘udiyyah, 1987.

Al-Ainī, Badruddīn. ‘Umdat al-Qārī Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. X. Bairut: Dār Ihyā al-Turāṡ al-Arabī, n.d.

Al-Asqalānī, Ibnu Hajar. Al-Nukat ‘alā Kitāb Ibn al-Ṣalāḥ. Medinah: Maktabah al-Madinah al-Raqmiyah, 1984.

———. Nukhbat al-Fikar Fī Muṣṭalaḥ Ahl al-Athar. Riyad: Matbaat Safir, 1422.

———. Nuzhat al-Nażar fī Tauḍīḥ Nukhbat al-Fikar fi Muṣṭalaḥ Ahl al-Athar. Riyad: Maṭbaat Safīr, 1422.

Al-Bukhārī, Muḥammad bin Ismā‘īl. Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Damaskus: Dār Tūq al-Najāḥ, n.d.

Al-Ḥarbī, Sulaimān bin Khālid. al-Kawākib al-Durriyyat ‘alā al-Manẓūmat al-Baiqūniyyah. al-Maktabat al-Shāmilah, n.d.

Ibn al-Ṣalāḥ, Abū ‘Amr Uṡmān bin ‘Abd al-Rahman. Muqaddimat Ibn al-Ṣalāḥ. Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002.

Al-Irāqī, Zainuddīn. Al-Taqyīd Wa al-Iydāh. Beirut: Mu’assasat al-Thaqafiyyah, 1996.

Ismail, M. Syuhudi. Metodologi Penelitian Hadis Nabi. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

‘Itr, Nūruddīn. Manhaj al-Naqd fī ‘Ulūm al-Hadīth. Damaskus: Dār al-Fikr, 1981.

Al-Jabīrī, Muḥammad ‘Abīd. Takwīn al-‘Aql al-‘Arabī. Beirut: al-Markaz al-Thaqafī al-’Arabī, 1991.

Al-Jadī’, Abdullah. Taḥrīr ‘Ulūm al-Ḥadīth, n.d.

Al-Jawābī, Muḥammad Ṭahir. Juhūd al-Muhaddithīn fī Naqd Matn al-Hadīth al-Nabawī al-Sharīf. Tunisia: Mu‘assasat ‘Abdilkarīm, 1986.

Kāfī, Abū Bakar. Manhaj al-Imām al-Bukhārī fī Taṣḥīḥ al-Aḥadīth wa Ta‘Līlihā. Beirut: Dār Ibn Hazm, 2000.

Al-Khaḍīr, Abd al-Karīm. Sharḥ Alfiyat al-Irāqī,. al-Maktabat al-Shāmilah, n.d.

Al-Khatīb, Muḥammad ‘Ajjāj. Uṣūl al-Hadīth Ulūmuhū wa Muṣṭalāḥuhū. Beirut: Dār al-Fikr, 1989.

Al-Madanī, Mālik bin Ănas. Muwaṭṭa’ al-Imām Mālik. Dār Ihyā al-Turāth al-Arabī, n.d.

Al-Manāwī, Abd al-Raūf. Al-Yawāqīt wa al-Durar. Riyad: Maktabat al-Rushd, 1999.

Mayangsari R, Galuh Nashrullah Kartika. “Nasakh Dalam Hukum Islam.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 2 (2016). https://doi.org/10.21274/ an.2016.2.2.21-38.

Al-Mubārakfūrī, Abū al-Ḥasan. Mir’āt al-Mafātīḥ Sharḥ Mishkāt al-Maṣābīh. India: Idārat al-Buḥūth al-Ilmiyyah, n.d.

Al-Munawwir, A.W. Kamus al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif, 2011.

Al-Naisabūrī, Muslim bin al-Ḥajjāj. Ṣaḥīḥ Muslim. Bairut: Dār Ihyā al-Turāth al-Arabī, n.d.

Al-Nasāī, Abū ‘Abd al-Rahmān Aḥmad bin Shu‘aib. Sunan al-Nasāī. Aleppo: Maktabat al-Maṭbū‘at al-Islāmiyyah, 1986.

Al-Naysabūrī, al-Ḥākim. Ma‘rifat ‘Ulū‎m al-Ḥadīth. Beirut: Dār al-Afāq al-Jadīdah, 1980.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Manhaj Tarjih Sebagai Metode Berijtihad Dalam Muhammadiyah.” Berita Muhammadiyah, 2017. http://www. umm.ac.id/id/pages/ download.html.

Al-Qasṭallānī, Shihābuddīn. Irshād al-Shārī li Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī M. Mesir: aṭbaat al-Kubrā al-Amīriyyah, 1323.

Rajab. “Kaidah Kesahihan Matan Hadis (Studi Tentang Konsep Shudhūdh Dan ’Illah Menurut Muhaddithūn Dan Fuqahā’).” UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Al-Sahāwī, Ibrāhīm al-Dasūqī. Muṡṭalaḥ al-Hadīth. Mesir: Syirkat al-Tabā'at al-Fanniyyat al-Muttahadah, n.d.

Salamah, Muḥammad Khalf. Lisān al-Muḥaddithīn, n.d.

Al-Ṣāliḥ, Subḥi. Ulūm al-Hadīth wa Muṡṭalāḥuh. Beirut: Dār al-‘Ilm li al-Malāyīn, 1977.

Al-Shāfi’ī, Muḥammad bin Idrīs. Musnad al-Imām al-Shāfi’ī. Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 1951.

Al-Shaibānī, Aḥmad bin Ḥanbal. Musnad al-Imām Aḥmad Bin Ḥanbal. Mu’assasat al-Risālah, 2001.

Al-Sijistānī, Abū Dāwūd. Sunan Abī Dāwūd. Bairut: al-Maktabat al-Aṣriyyah, n.d.

Supian, Aan. “Konsep Syadz Dan Aplikasinya Dalam Menentukan Kualitas Hadis. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan VIII, no. 2 (2015): 185–95. https://doi.org /http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v8i2.396.

Al-Suyūṭī, Jalāluddīn. Al-Itqān Fī Ulūm al-Qur’ān. Mesir: al-Hai’at al-Miṣriyyat al-‘Ammah li al-Kitāb, 1974.

———. Tadrīb al-Rāwī. Dār Ṭaibah, n.d.

———. Tanwīr al-Hawālik Sharḥ Muwaṭṭa’ Mālik. Mesir: Maktabat al-Tijāriyyat al-Kubrā, 1969.

Al-Ṭaḥḥān, Maḥmūd. Taysir Muṣṭalaḥ al-Hadīth. Maktabat al-Ma’arif li al-Naza’ wa al-Tawzi’, n.d.

Al-Tirmiżī, Muḥammad bin Isā Abū Isā. Sunan al-Tirmiżī. Beirut: Dār Iḥyā al-Turāṡ al-Arabī, n.d.

{Bibliograph

Diterbitkan
2020-12-18
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1069 times