ADAM AS. DALAM PRESPEKTIF HADIS Suatu Kajian Tematik Terhadap Hadis ‘Âdam Abû al-Basyar’

  • Aan Parhani UIN Alauddin Makassar

Abstrak

Keberadaan hadis sebagai penjelas al-Qur’an memiliki posisi yang tinggi. Karena itu, dalam upaya memahami al-Qur’an tidak boleh mengabaikan keberadaan hadis. Hadis tentang Adam sebagai abu al-basyar yang dikuatkan dengan redaksi lain abu al-khalq dan abu al-nas yang kesemuanya memiliki makna bapak manusia, menguatkan pandangan para mufassir yang menafsirkan ayat-ayat yang berbicara tentang manusia pertama adalah Adam as.

Tulisan ini berupaya mendiskusikan kembali perbedaan pandangan tentang asal muasal manusia, yang berpijak pada kajian tematik hadis yang intinya membahas tentang hakekat Adam as., proses dan tujuan penciptaannya, serta implikasinya dalam kehidupan keseharian.

Referensi

Al-Qur’an al-Karim

Abdul Halim, Muhammad, Memahami Al-Qur’an Pendekatan Gaya dan Tema, (Diterjemahkan oleh Rofik Suhud dari: Understanding Qur’an: Themes and Style), Bandung: Marja, 2002. cet. I.

Ahmad, Arifuddin, Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi: Refleksi Pemikiran Pembaruan Prof. Dr. Muhammad Syuhudi Ismail, Jakarta: Renaisan, 2005, cet. I.

Al-Asqalany, Ibn Hajar, Fath al-Bari bi Syarh al-Bukhari, Beirut: Dar al-Fikr, T.Th.

Bucaille, Maurice, Asal-usul Manusia Menurut Bibel, Al-Qur’an, Sains, (Diterjemahkan oleh: Rahmani Astuti, dari What is the Origin of Man? The Answer of Science and the Holly Scriptures), Bandung: Mizan, 1997, cet. X.

al-Bukhari, Abu Abdillah Muhammad ibn Ismail, Shahih al-Bukhari, Riyadh: Dar `Alam al-Kutub, 1996, cet. I.

Dodge, Christine Huda, Kebenaran Islam; Segala Hal tentang Islam dari A-Z, (diterjemahkan oleh Ahmad Asnawi dari The Everything Islam Book), Jogjakarta: Diglossia, 2006. cet. I.

al-Hanafi, Ibn Hamzah al-Husaini, al-Bayan wa al-Ta`rif fi Asbab Wurud al-Hadis al-Syarif, Beirut: al-Maktabah al-Ilmiyah, 1982, cet. I.

Ibnu Manzhur, Lisan al-Arab, Kairo: Dar al-Hadits, 2003.

Ibn al-Shalah, `Ulûm al-Hadîs, al-Madinah al-Munawwarah: al-Maktabah al-`Ilmiyyah, 1972.

al-Jauziyyah, Ibn Qayyim, `Aun al-Ma`bud Syarh Sunan Abi Daud, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

al-Mahally dan al-Suyuthi, Jalaluddin, Tafsir al-Jalalain, Beirut: Dar Ibn Katsi, 1989, cet. IV.

al-Munawwar, Said Agil Husin, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Ciputat: Ciputat Press, 2005, cet. IV.

Mustofa, Agus, Ternyata Adam Dilahirkan, Surabaya: Padma Press, t.th.

al-Naisabury, Abu al-Husein Muslim bin Hajjaj, Shahih Muslim, Tahqiq: Muhammad Fuad Abd al-Baqi, Riyadh: Dar Alam al-Kutub, 1996. cet. I.

al-Quzwaini, Al-Hafidz Abi Abdirrahman Muhammad bin Yazid (Ibn Majah), Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

al-Sa`dy, Abdurrahman bin Nashir, Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir Kalam al-Mannan, Riyadh: Darussalam, 2002, cet. II.

Salim, Abdul Muin, Fiqh Siyasah; Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002, cet. III.

Shihab, M. Quraish, Logika Agama; Kedudukan Wahyu & Batas-Batas Akal dalam Islam, Jakarta: Lentera Hati, 2006, cet. III.

---------------, Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2005, cet. V.

---------------, Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Maudhu`i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1998, cet. VIII.

Syuhudi, Muhammad, Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual; Telaah Ma`anil Hadits tentang Ajaran Islam yang Universal, Temporal dan Lokal, Jakarta: Bulan Bintang, 1994, cet. I.

al-Tirmidzi, Abu Isa Muhammad bin Isa, Al-Jami` al-Shahih (al-Sunan al-Tirmidzi), Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1987, cet. I.

al-`Utsaimin, Muhammad bin Shalih, Syarh al-Arba`in al-Nawawiyah, Riyadh: Dar al-Tsuraya, 2004, cet. III.

Diterbitkan
2016-06-08
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 592 times