LARANGAN MENGGUNAKAN BARANG HARAM SEBAGAI OBAT
Abstrak
Dalil merupakan petunjuk Nabi Muhammad saw. menjadi petunjuk bagi umat Islam untuk menjalani hidup. Jika ada petunjuk dari Nabi bahwa itu haram maka hal itu tidak boleh. Jika ada petunjuk dalil membolehkan maka itu boleh dilakukan. Pada dasarnya segala sesuatu memiliki manfaat menggunakan hal yang haram sebagai obat ada yang menerangkan bahwa khamar memiliki manfaat, akan tetapi dosanya lebih besar dari pada manfaatnya. Oleh karena itu Rasulullah melalui sabdanya mengatakan bahwa khamar bukanlah obat, melainkan penyakit dan melarang orang mukmin untuk berobat dengan sesuatu yang haram, salah satu di antaranya dengan khamarReferensi
Al-Qur’an al-Karim.
Abu ‘Abdullah, Ahmad bin Hanbal bin Hilal bin Asad al-Syaibani. Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal. Juz 30. Cet. I; t.t., Dar al-Hadis, 1421 H/2001 M.
Abu al-Hasan al-Qusyairi al-Naisabur, Muslim bin al-Hajjaj. Sahih Muslim. Juz 3. Bairut: Dar Ihya al-Turas, t.th.
Abu Dawud, Sulaiman bin al-Asy‘as bin Ishaq bin Basyir bin Syaddad al-Sijistan. Sunan Abi Dawud. Juz 6. Sudan-Bairut: al-Maktabah al-‘Asariyyah, t.th.
Abu Ja‘far al-Tabari, Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Kasir bin Galib al-Amili. Jami‘ al-Bayan fi Ta’wil Ayi al-Qur’an. Juz 15. Cet. I; t.t., Mu’assasah al-Risalah 1429 H/2000 M.
al-Bukhari al-Ja‘fi, Muhammad bin Isma‘il Abu ‘Abdillah. Sahih al-Bukhari. Juz 7. Cet. I; t.t., Dar Tawqu al-Najah, 1422 H.
Faris, Hamzah Muhammad. Manar al-Qari Syarh Mukhtasar Sahih al-Bukhari. Juz 5. Damaskus: Maktabah Dar al-Bayan, 1410 H/1990 M.
al-Haddadi, ‘Abd al-Ra’uf bin Taj al-‘Arifin bin ‘Àli bin Zain al-‘Abidin. Faid al-Qadir Syarh al-Jami‘ al-Sagir. Juz 2. Cet. I; Mesir: al-Maktabah al-Tajariyah al-Kubra. 1356 H.
al-Hurali, Abu al-Hasan ‘Ali bin Ahmad bin Hasan al-Tujibi al-Andalusi. Turas Abi al-Hasan al-Hurali al-Murakasyi fi al-Tafsir. Cet. I; al-Ribat: Mansyurat al-Markaz al-Jami‘i li al-Bahs al-‘Ilmi, 1418 H/1997 M.
al-Hurawi al-Qari, ‘Ali bin muhammad Abu al-Hasan Nur al-Din al-Mala. Marqah al-Mafatih Syarh Masyaqqah al-Masabih. Juz 7. Cet. I; Libanon: Dar al-Fikr, 1422 H / 2002 M.
Ibn al-Mulqin, Siraj al-Din Abu Hafs ‘Amr bin ‘Ali bin Ahmad al-Syafi‘i al-Misri. Tuhfah al-Muhtaj ila Adillah al-Manhaj. Juz 2. Cet. I; Makkah; Dar Hura’, 1406 H.
Jalal al-Din al-Suyuti, ‘Abd al-Rahman bin Abi Bakr. Jami‘ al-Ahadis. Juz 7. t.tp, t.th.
Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Syaamil qur’an, 1430 H/2009 M.
Khon,Abdul Majid. Ulumul Hadis. Cet I; Jakarta: Amzah, 2012 M.
al-Razi, Ahmad bin Faris bin Zakariyya al-Qazawaini. Mu‘jam Maqayis al-Lugah. juz 2. Dar al-Fikr, 1399 H/1979 M.
al-Sam‘àni, Mansur bin Muhammad bin ‘Abd al-Jabbar hbn Ahmad al-Marwazi. Tafsir al-Qur’an, Juz 2. Sadi: Dar al-Watn, 1418 H/1997 M.
al-Qastalani, Ahmad bin Muhammad bin Abi Bakr bin ‘Abd al-Malik. Irsyad al-Sari Li Syarh Sahih al-Bukhari. Juz 8. Cet. VII; Mesir: al-Matba‘ah al-Kubra al-Umairiyyah, 1323 H.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
(2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
(3) Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Biogenesis prior the publication.