Kontekstualisasi Hadis Tentang Hijrah Dalam Akun Instagram Hijrahfest

(Pendekatan Hermeneutika Ktirtis Habermas)

  • Afda Nahied Muhammad UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstrak

Arus Fashion menjadi hal yang tak bisa terbendung, buktinya fashion saat ini menjadi konsumsi yang tiada akhirnya. Trend hijrah menjadi sebuah fakta menarik di era milenial. Hijrah saat ini tidak diartikan secara harfiah saja, saat ini trend hijrah merambah pada dunia fashion yang menarik perhatian khalayak banyak. Artikel ini membahas tentang pemaknaan hijrah yang mengalami perluasan makna di media sosial sehingga terdapat multi-interpretasi terhadap hijrah itu sendiri. Hermeneutika Habermas memiliki pendekatan yang dialogis dan emansipatoris hadir sebagai solusi untuk mengkomunikasikan pemaknaan-pemaknaan tersebut yang kemudian digunakan untuk memahami tingkah laku sosial yang diarahkan oleh makna yang berlaku saat ini. Artikel ini menggunakan jenis penelitian Kepustakaan (Library research) dengan metode deskriptif-analitis. Artikel ini menyimpulkan bahwa hijrah bukanlah sebuah dalil untuk mengadakan berbagai event untuk menarik banyak peminat dengan dengan jargon “hijrah” serta alat promosi untuk memasarkan produk-produk pakaian dengan klaim “syar’i” dengan tujuan untuk mendapatkan value dunia dengan frame bisnis ekonomi.

Diterbitkan
2024-08-05
Abstrak viewed = 139 times