Paradigma Bisnis Islam Perspektif Hadis
Abstrak
Islam memandang kehidupan sebagai satu kesatuan yang utuh dan juga memandang kehidupan seseorang sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Masing-masing individu saling melengkapi dalam tatanan sosial islam. Karena itulah secara faktual, ajaran islam yang dibawa Nabi Muhammad saw. mempunyai keunikan tersendiri, bukan saja bersifat komprehensif tetapi juga bersifat universal. Komprehensif berarti mencakup seluruh aspek kehidupan baik ritual maupun sosial. Universal berarti dapat diterapkan setiap saat sampai hari akhir. Keuniversalan akan tampak jelas terutama dalam bidang muamalah, karena muamalah mempunyai cakupan luas dan fleksibel. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah analisi teori yang bertujuan untuk menjadikan Islam sebagai kepentingan pribadi dan kepentingan umum, dan menjadikan keadilan ekonomi sebagai bentuk jaminan sosial, dan kemanfaatan sumber daya ekonomi sebagai prinsip fundamental sistem ekonominyaReferensi
Alquran Alkarim
A. Karim, A. Karim, Adiwarman. Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.
Ahmad Mahmud Subhi, Filsafat Etika: Tanggapan Kaum Rasionalis dan Intusionalis Islam, Penerjemah Yunan Askaruzzaman. Jakarta, Serambi Ilmu Semesta, 2001.
Ahmad, Mustaq. Etika Bisnis dalam Islam, Penerjemah Samson Rahman, Jakarta: Pustaka Al-Kau£ar, 2001.
al-Aifanh, Al-Rhagib, Mu’jam Mufradt al-Alfazi al-Qur’an, Beirut: Dr al-Fikr, t.t.
Badroen, Faisal, dkk., Etika Bisinis dalam Islam, Jakarta: Kencana, 2006.
Beekun, Rafik Issa. Etika bisnis Islami, Penerjemah Muhammad, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2004.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
al-Ghazali, Abu Hamid Muammad Ibn Muammad. Ihy Ulum al-Din, Kairo : Dr al-Adi, 2004.
Hasan, Nik Kustafa Nil, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, dalam M. Rusli Karim, ed., Berbagai Aspek Ekonomi Islam, cet, 1. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya dan P3EI UII, 1992.
Iqbal. Muhammad, Membangun Kembali Pikiran Agama dan Islam, penerjemah Ali Audah dkk, Jakarta: Tintamas, 1992.
Karim. Adiwarman, Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta, The International Institute of Islamic Thuoght Indonesia, 2003.
al-Majub, Rif’at, Dirsah al-Iqtidyyah al-Islmyyah, Kairo: Ma’had al-Dirsah al-Islmyyah, 1987.
Nasution, Harun. Islam Rasional, Bandung, Mizan, 1996.
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, cet.7, Jakarta: Lentera Hati, 2007.
Zaidn, Abd al-Karm. Uil al-da’wah, Beirut:: Dr-al Waf, 1408 H/1984.
Zakariy, Abu Husain Ahmad Ibn Fris Ibn. Mu’jam Maqys al-Lughah ,Beirut: Dr al-Jail, 1991.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
(2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
(3) Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Biogenesis prior the publication.