PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOPLASTIK BERBAHAN DASAR PATI UMBI UWI UNGU, PLASTICIZER GLISEROL DAN KITOSAN

  • Ahmad Albar
  • Rahmaniah Rahmaniah Fisika FST UINAM
    (ID)
  • Ihsan Ihsan

Abstract

Bioplastik merupakan alternatif pengganti plastik komersial yang dapat merusak lingkungan. Bioplastik dibuat untuk mempermudah degradasi. Salah satu bahan yang potensial adalah ubi ungu karena memiliki komponen pati yang paling tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kualitas film bioplastik dari pati ubi ungu (Dioscorea alata) dengan dan tanpa penambahan kitosan, dan gliserol sebagai plasticizer terhadap sifat mekanik (uji kuat tarik, elongasi dan ketahanan air). Hasil yang diperoleh dengan variasi kitosan 0% dan 3%, nilai kuat tarik terbesar diperoleh dengan konsentrasi kitosan 0% (tanpa penambahan kitosan) sebesar 1,5369 MPa, nilai persentase elongasi pada kitosan 3% yaitu 14,50 % dan nilai ketahanan air maksimum pada konsentrasi kitosan 0% yaitu 91,57%. Dimana hasil yang diperoleh mendekati standar yang ada.

Author Biography

Rahmaniah Rahmaniah, Fisika FST UINAM
Physics department

References

Borghei, Mehdi, dkk. “Microbial Biodegradable Potato Starch Based Low Density Polyethylene”. African Journal of Biotechnology 9, no. 26 (2010): h. 4075-4080.

Gong, Jiang, dkk. “ Converting Real World Mixed Waste Plastics into Porous Carbon Nanosheet With Excellent Performance in Adsorption of Organic Dye from Wastewater”. Materials Chemistry A : h.1-11.

Nahwi, Naufal Fadli. “Analisis Penambahan Plasticizer Gliserol pada Karakteristik Edible Film dari Pati Kulit Pisang Raja, Tongkol Jagung dan Bonggol Enceng Gondok”. Skripsi. Malang : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016.

Purwanti,Ani. “Analisis Kuat Tarik dan Elongasi Plastik Kitosan Terplastisasi Sorbitol”. Jurnal Teknologi 3. No2. (2010): h.99-106

Simarmata, Esmeralda Oktaviana., Amna Hartiati, Bambang Admadi Harsojuwono. “Karakteristik Komposit Bioplastik dalam Variasi Rasio Pati Umbi Talas (Xanthosoma sagittifolium) –Kitosan”. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno. N0. 2 (2020): h.75-80.

Winarti, Sri dan Erwan Adi Saputro. “Karakteristik Tepung Prebiotik Umbi Uwi (Diascora spp)”. Teknik Kimia 8, no.1 (2013): h. 17-21.

Published
2021-12-21
Abstract viewed = 544 times