Komunikasi Politik Ichsan Yasin Limpo Sebagai Calon Gubernur Sulawesi Selatan 2018

  • Alifa Rezky Utami Anwar Universitas Brawijaya
    (ID)
  • Suryadi Suryadi Universitas Brawijaya
    (ID)
  • Muhammad Nuh Universitas Brawijaya
    (ID)
Keywords: Ichsan Yasin Limpo, Komunikasi Politik, Citra Politik

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi politik Ichsan Yasin Limpo dalam pencalonannya sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan melalui jalur independent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan narasumber dan mengambil data dengan wawancara dan studi literatur yang mendalam. Hasil penelitian ini dapat dipetakan dalam beberapa bentuk seperti kampanye Ichsan Yasin Limpo yang memiliki ciri khas kedaerahan dengan pendekatan yang bernuansa kebudayaan yaitu melalui brand “Punggawa-Macakka”. Kampanye politik juga dilakukan melalui media massa yang sangat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang Ichsan Yasin Limpo, selain itu kecakapan retorika berdasarkan pengalamannya menjadi bupati dua periode Kabupaten Gowa juga menjadi komunikasi politik untuk menarik pemilih. Hal ini memunculkan persepsi yang beragam berdasarkan konstruksi branding politik hingga citra politik yang nampak dari Ichsan Yasin Limpo.

References

Hafied Cangara, Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014).

Henry Subiakto & Rachmah Ida, Komu-nikasi Politik, Media dan Demokrasi (Jakarta: Prenadamedia Group, 2012).

Hijar Djusmin, “Komunikasi Politik (Ana-lisis Terhadap Pencitraan Politik Tenri Olle Yasin Limpo Pada Pilkada Serentak 2015)”, Skripsi (Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016).

Mahi M. Hikmat, Komunikasi Politik: Teori dan Praktik (Bandung: Sim-biosa Rekatama Media, 2010).

Nurul Qalbi, “Strategi Komunikasi Politik dan Pemenangan Pasangan Muham-mad Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2013”, KRITIS : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 1, No. 2 (2015), h. 231-238.

Ridho Agung Nugraha & Trie Damayanti, “Personal Branding Kandidat Politik (Studi Kasus Tentang Strategi Komu-nikasi Melalui Personal Branding Anies Baswedan Dalam Konvensi Partai Demokrat Menuju Pemilihan Presiden Tahun 2014)”, Acta Diurna: Jurnal Komunikasi, Vol 11, No .1 (2015), h. 1-14.

Website

Andika Paembonan, “Program Pendidikan IYL-Cakka Lebih Realistis” dalam https://sulselekspres.com/program-pendidikan-iyl-cakka-lebih-realistis/ diakses pada 25 Februari 2019.

Irwan Kahir, “Tokoh Masyarakat Kajang: Kita Titip Kepemimpinan Ke Ichsan Yasin Limpo” dalam https://fajar.co.id /2018/03/23/304815/ diakses 25 Februari 2019.

Matasulsel.com, “Tokoh Adat Rongkong Jamu IYL-Cakka Sebelum Ke Lokasi Kampanye” dalam https://matasulsel. com/tokoh-adat-rongkong-jamu-iyl-cakka-sebelum-ke-lokasi-kampanye/ diakses 25 Februari 2019.

Wawancara

Ahmad Firdaus, Mahasiswa Organisasi Daerah Maros, wawancara, 4 Febr-uari 2019.

Aisyah Pratiwi, Tim Pemenangan Ichsan Yasin Limpo, wawancara, 31 Januari 2019.

Arifin, Mahasiswa Organisasi Daerah Bone, wawancara, 1 Februari 2019.

Aslang, Ketua Organisasi Daerah Bulu-kumba, wawancara, 29 Januari 2019.

Ibrahim, Mahasiswa Organisasi Daerah Wajo, wawancara, 8 Februari 2019.

Irsang, Mahasiswa Organisasi Daerah Jeneponto, wawancara, 14 Februari 2019.

Nur Ichsan Sukma, Mahasiswa Organisasi Daerah Gowa, wawancara, 24 Januari 2019.

Suherman, Tim Media Ichsan Yasin Limpo, wawancara, 1 Maret 2019.

Published
2022-06-24
Section
Artikel
Abstract viewed = 298 times