KONSEP PENDIDIKAN IBNU SINA TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN, KURIKULUM, METODE PEMBELAJARAN DAN GURU

  • Musdalifah . Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Ibn Sina or Evicienna is one of the figures who has made a major contribution to the scientific realm, especially relating to Islamic education. Ibn Sina's thoughts about education were very structured. Starting from the objectives, curriculum, learning methods. According to Ibn Sina, teacher or educator are determinant elements in education. Ibn Sina's thoughts about Islamic education can be used as an important reference in advancing the world of education in Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dasoeki, Thawil Akhyar. Sebuah Kompilasi Filsafat Islam. Cet. I; Semarang: CV. Toha Putra

http://mhdkosim.blogspot.com. Watampone, 24 juni 2009

Jalaluddin., dan Usman Said. Filsafat pendidikan Islam Konsep Perkembangan Pemikirannya, Ed. I. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,1994

Al-Jumbulati, Ali. Perbandingan Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1994

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT. Pustaka Al-Husna Baru, 2004

Mustofa, h. A. Filsafat Islam. Cet. I: Bandung: CV. Pustaka Setia 1997

Nasution, Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Jakarta; Bulan Bitang, 1973

Nasution, Harun. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jilid. I. Cet. I; Jakarta: UI Press 1979

Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jilid. II. Cet. II; Jakarta: UI Press 1979

Nata, Abudin. Pemikiran Para tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Ed. I. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000

Nata, Abudin. Pemikiran Para tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Ed. I. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000

Smith, Huston. Essays on World Religions. New York; The New American Liberary,1992

Al-Syahrastani, Muhammad Bin Abdul Karim. Al-Milal Wa Al-Nihal. Diterjemahkan oleh Asywadie Syukur, dengan judul “Al-Milal Wa Al-Nihal Aliran-aliran Teologi Dalam Sejarah Umat Manusia”. Jilid. II. Surabaya: PT. Bina Ilmu, t.th

Yunus. Mahmud, Al Tarbiyatu Wa Al-Ta’lim. Jilid I. Padang Panjang; Al-maktabah Assadiyah, t.th

Zar, H. Sirajuddin. Filsafat Islam Filosofi dan Filsafatnya. Ed. I. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004

Published
2019-12-01
How to Cite
., M. (2019) “KONSEP PENDIDIKAN IBNU SINA TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN, KURIKULUM, METODE PEMBELAJARAN DAN GURU”, Inspiratif Pendidikan, 8(2), pp. 403-417. doi: 10.24252/ip.v8i2.12410.
Abstract viewed = 280 times