PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS

  • Anis Fitriyah Universitas Islam Madura
    (ID)
  • Shefa Dwijayanti Ramadani Universitas Islam Madura
    (ID)

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 telah menggeser tuntutan sumber daya manusia dengan kualifikasi yang lebih tinggi, yakni mereka yang memiliki keterampilan abad ke-21. Sayangnya, keterampilan berpikir kreatif maupun berpikir kritis yang merupakan bagian dari keterampilan abad-21 masih belum diberdayakan dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedua macam keterampilan tersebut yaitu melalui pembelajaran STEAM berbasis PjBL (project-based learning). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji adanya pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan Tahun Pelajaran 2020/2021; sementara sampel yang digunakan meliputi satu kelas X IPA B untuk kelas eksperimen dan satu kelas X IPS I digunakan sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji anakova. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran STEAM berbasis PjBL berpengaruh secara signifikan  terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa  (P 0,000 < 0,005; Fhitung = 35,551). 2) Pembelajaran STEAM berbasis PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (P 0,003 < 0,05, Fhitung = 9,401). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEAM berbasis PjBL dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anis Fitriyah, Universitas Islam Madura
Prodi Pendidikan Biologi
Shefa Dwijayanti Ramadani, Universitas Islam Madura
Prodi Pendidikan Biologi

References

Afifah ,Afni Nur, Ilmiyati, Nur, Toto.2019. Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi.11( 2)

Anisa, Rifka, Effendi ,M. Haris, Damris ,Muhammad. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) Pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry.10 (2).

Antika, Rindi Novitri & Nawawi, Sulton (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Matakuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 3 (1).

Apriliana, Mentari Reza. Ridwan, Achmad, Hadinugrahaningsih, Tritiyatma, Rahmawati Yuli. 2018. Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8 (2).

Archambault, Leanna, Wetzel, Keith, Foulger, Teresa S& Williams, mia kim. 2010. Professional development 2.0: Transforming Teacher Education Pedagogy with 21st century tools. Journal of digital learning in teacher education. 27(1).

Dewi, Riana Helvin. Mayasari, Tantri, Handhika, Jeffry. 2017. Peningkatan ketrampilan berfikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa". Universitas PGRI Madiun.

Dywan, Almahida Aureola & Airlanda, Septian Gamaliel. 2020. Efektivitas model ppembelajaran project based learning berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu. 4 (1).

Efstratia, Douladeli. 2014. Experiential Education Through project based learning. ELSEVIER. Procedia-social and behavioralsciences.152

Fajri, Iwan, Yusur, Rusli, Maimun, Azhari, Budi, Sanius&Yusran. 2020. Innovation model of citizenship education learning in the 21st- Century skills-learning environment of students in Aceh. Jurnal of critical review. 7 (16).

Fisher, Alec. 2007. Critcal Thinking an Introduction. Penerjemah Benyamin Hadinata. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Gunawan,Imam & Palupi, Anggarini retno. 2016. Taksonomi bloom-revisi ranah kognitif:kerangka landasan untu pembelajaran,pengajaran, dan penilaian. Program studi PGSD FIP IKIP PGRI Madiun.

Hadinugrahaningsih,Tritiyatma, yuli rahmawati, Ridwan, Achmad, Budiningsih, Arie, Suryani, Elma, Nurlitiani, Annisa, Fatimah, Cinthia. 2017. Keterampilan abad 21 dan STEAM Project dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM UNJ.

Hasanah, Luthfiyatul. 2019. Pengembangan Modul Bioteknologi Berbasis STEAM dilengkapi Animasi Flash untuk Pembelajaran Biologi di SMA/MA. Thesis. Universitas Jember. Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. 3( 4).

Hikmah, Nur, Budiasih, Endang & Santoso, Aman. 2016. Pengaruh Strategi Project Based Learning(PJBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan, 1 (11).

Herzon, Hayuna Hamdalia, Budijanto, Dwiyono Hari Utomo. 2018. Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal pendidikan, 3 (1).

Ismayani,Ani. 2016. Pengaruh penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Journal of Mathematics and Education 3 (4).

Insyasiska, Dewi, Zubaidah, Siti & Susilo, Herawati. 2015.Pengaruh Project Based Learning erhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran Biologi . Jurnal pendidikan biologi. 7(1).

Izzati, Nurma. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. EduMa . 3 (1) .

Jamaludin , DidiNur.2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Pada Materi Tumbuhan Biji. GENETIKA (Jurnal Tadris Biologi), 1(1).

Kendra, Shiksha, Vihar, Preet. 2020. 21st Century Skillss a Handbook. India : Laxmi Print India. Hal (20-22).

Khoiriyah, Nailul. Abdurrahman. Wahyudi, Ismu. 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD, 5(2).

Kumalasari , Desy , Milama , Burhanudin, Bahriah , Evi Sapinatul. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia 1(1).

Laar, Ester van, Deursen , Alexander J. A. M. van , Dijk , Jan A. G. M. van & Haan Jos de. 2020. Determinants of 21st century skills and 21st century digital skills for workers: a systematic Literature Review. SAGE. 10(1).

Majid, Abdul. 2014. Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya: (168-169).

Marliani, Novi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri mathematics project (MMP), 5 (1): 14-25.

Mihardi, Satria, Harahap, Mara Bangun & Sani, Ridwan Abdullah. 2013. The effect of Project Based Learning Model with KWL Workhsheet On Student Creative Thinking Process In Physics Problems. Jurnal Of Economics And Sustainable Development.4 (18)

Mufida, Siti Nur, Sigit, Diana Vivanti & Ristanto, Rizhal Hendi. 2020. Integrated project-based e-learning with science, technology engineering, arts, and mathematics (PjBel-STEAM): its effect on science process skill. Jurnal Pendidikan Biologi. 13(2).

Mu’minah, Iim Halimatul & Suryaningsih, Yeni. 2020. Implementasi STEAM (Science, Technology,Enginering, Art and Matheatics) dalam pembelajaran abad 21.Jurnal Bioeducatio.5(1).

Mu’minah, Iim halimatul & Aripin, Ipin 2019. Implementasi STEM dalam Pembelajaran abad 21. Seminar Nasional Pendidikan. FKIP Universitas Majalangka.

Moma, La. 2015. Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP. Jurnal matematika, 4 (1).

Nurwulan, Nurul Retno. 2020. Pengenalan Metode STEAM kepada siswa Tingkat sekolah dasar kelas 1 sampai 3. Madaniya. 1 (3).

Noviyana, Hesti.2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath. 3(2).

Noviyanti, Mery. (2011). PengaruhMotivasi Dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Matakuliah Statistika Pendidikan. JurnalPendidikan, 12 (2).

Pramesswari, Setya Audhea, Widodo, Wahono & Qosyim, Ahnad. 2016. Penerapan strategi debat aktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi pemanasan global. Pendidikan sains. 4(3).

Rahayu, Hafitriani. Purwanto, Joko. Hasanah, Daimul. 2017.pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4 (1).

Rahman,Muhammad Kholilul, Suharto, Bambang, Iriani,Rilia. 2019. Meningkatkan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan model PjBL berbasis STEAM pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), 3 (1).

Rahmazatullaili, Zubainur, Cut morina &Munzir, Said. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tadris Matematika, 10(2).

Rayna, Thierry & Striukova, Ludmila. 2020. Fostering skills for the 21st century: The role of fab labs and makerspace. Elsevier.

Saefudin, Abdul Aziz. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). 4(1).

Salma, Fathimah. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Materi Plantae.Skripsi . UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sari, Puspita Dewi. 2017. Pengaruh keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 di MAN MOJOSARI. 5(1)

Sumarni, Woro. Wijayati1, Nanik. Supanti, Sri. 2019. Kemampuan Kognitif dan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4 (1). Universitas Negeri Malang.

Suprijono, Agus .2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris .Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Hal (31-32).

Tama, Hanifa Nurmira, Jalmo, Tri & Yolida, Berti. 2019. Pengaruh project based learning (PjBL) Terhadap kemampuan Komunikai Sains dan berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik. 7 (2).

Taylor, Peter charles. 2016. Why is a STEAM curriculum perspective crucial to the 21st century. Direktur Riset Pendidikan Transformatif Center (TERC). Universitas Murdoch, Australia Barat.

Utami, Rina, Putri, Probosari, Rizky, Maya & Fatmawati, Umi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xsma Negeri 8 Surakarta . Bio-Pedagogi. 4(1) :47.

Velina, Yessy, Nurhasanah, Wiwit, Zulhanna. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) Terhadap kemampuan Berpikir kritis Biologi Peserta didik Kelas XI SMA ALKautsar Bandar Lampung. Jurnal tadris Pendidikan Biologi. UIN RADEN Intan Lampung, 8 (2): 78.

Wahida, Ferawati, Rahman,Nurdin, & Gonggo, Siang Tandi. 2015 . Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 PARIGI.4( 3).

Warsono. 2016 . Pembelajaran Aktif Teori Asesmen. Bandung : PT Rosdakarya. Hal (156-157).

Yakman, Georgette & Lee, Hyonyong. 2012. Exploring the Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical Educational Framework for Korea. J Korea Assoc.32(6)

Zubaidah, Siti. 2017. Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengembangkna Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar nasional. FMIPA- Universitas Negeri Malang.

Zubaidah, Siti. 2019. Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional. FMIPA Universitas Negeri Malang.

Published
2021-06-30
How to Cite
Fitriyah, A. and Ramadani, S. D. (2021) “PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS”, Inspiratif Pendidikan, 10(1), pp. 209-226. doi: 10.24252/ip.v10i1.17642.
Abstract viewed = 16328 times