PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL, GAYA BELAJAR, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS XI SMAN 1 TINAMBUNG

  • Intan Purnamasri UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk engetahui pengaruh kecerdasan interpersonal, gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI SMAN 1 Tinambung. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Tinambung. penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kecerdasan interpersonal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI, dibuktikan dengan nilai sign.< = 0,05 (0,000 < 0,05) artinya H0 ditolak, dan H1 diterima. (2) Gaya belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI SMAN 1 Tinambung. (3) Motivasi berprestasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI, hal ini dibuktikan dengan nilai sign. (0,031 > 0,05) maka H0 diterima dan H1 ditolak. (4) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan kecerdasan interpersonal, gaya belajar, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar PAI, dibuktikan dengan nilai sign. < = 0,05 (0,000 < 0,05).
Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Purnamasri, I. (2020) “PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL, GAYA BELAJAR, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS XI SMAN 1 TINAMBUNG”, Inspiratif Pendidikan, 9(2), pp. 260-272. doi: 10.24252/ip.v9i2.14960.
Abstract viewed = 630 times