IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG BOGOR

  • Seftiyan Pujiana Ibnu Khaldun University
    (ID)

Abstract

Penelitian ini tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi metode Tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an diSMPAl-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor dan untuk mendeskripsikan adanya karakter disiplin dalam implementasi metode Tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an diSMPAl-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwaSMPAl-Azhar Syifa Budi Cibinong telah menginplementasikan metode Tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an dilakukan dengan menggunakan 2 teknik pendekatan, yaitu teknik klasikal peraga dan teknik baca simak individual. Pembelajaran metode Tilawati dilakukan melalui 4 teknik klasikal, yaitu teknik klasikal 1 (guru membaca murid mendengarkan), teknik klasikal 2 (guru membaca murid menirukan), teknik klasikal 3 (guru dan murid membaca bersama-sama), dan teknik baca simak (yang satu membaca yang lain menyimak). Sedangkan karakter disiplin dalam implementasi metode tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an diSMPAl-Azhar Syifa Budi cibinong dianataranya: Disiplin mengikuti pembelajaran tilawati dengan tepat waktu, disiplin duduk mengikuti aturan tilawati melingkar seperti leter U, disiplin membaca Al-Qur’an dengan irama lagu rost tilawati, disiplin mengikuti bacaan guru ketika sedang menunjuk bacaan yang tertera pada peraga tilawati, dan disiplin mendengar dan menyimak bacaan teman yang lain secara bergiliran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-14
How to Cite
Pujiana, S. (2020) “IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG BOGOR”, Inspiratif Pendidikan, 9(1), pp. 186-204. doi: 10.24252/ip.v9i1.15204.
Abstract viewed = 2006 times