PENGARUH MODEL PEMBELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJSR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS KELAS IX DI MTS AL MUHAJIRIN

  • Sri Rahayu . Universitas Ibn Kholdun Bogor
    (ID)

Abstract


Abstrak : Al-Qur’an Hadis merupakan salah satu mata pelajaran di tingkat Madrasah Tsanawiyah yang mempelajari tentang memahami, mengamalkan menerjemahkan, dan menyimpulkan isi kandungan Al-Qur’an serta mengamalkan hadis hadis pilihan sebagai pendalaman dari pelajaran Al-Qur’an Hadis. Tujuan mempelajari Al-Qur’an Hadis yaitu agar siswa mampu memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut, para pendidik mengalami kesulitan yang menyebabkan hasil belajar siswa dinilai belum maksimal. Kesulitan-kesulitan tersebut dialami karena siswa tidak melibatkan secara langsung seluruh kerja inderanya dalam pembelajaran dan memilih belajar secara pasif serta kurangnya variasi mengajar yang diberikan oleh guru dalam proses belajar mengajar sehingga siswa merasa jenuh dan bosan saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi yang dilaksanakan di salah satu Mts Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Kelas IX Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian melalui uji Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Uji tersebut menunjukkan nilai signifikansi yakni sebesar Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-28
How to Cite
., S. R. (2020) “PENGARUH MODEL PEMBELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJSR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS IX DI MTS AL MUHAJIRIN”, Inspiratif Pendidikan, 9(1), pp. 235-247. doi: 10.24252/ip.v9i1.15981.
Abstract viewed = 175 times