UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP TUNAS INSANI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode course review horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Tunas insani. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Pada setiap tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode course review horay dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siwa kelas VIII di SMP Tunas Insani. Hal ini dapat dilihat dari 25 siswa yang sebelum menggunakan metode course review horay hanya 11 siswa atau 36 % yang mencapai KKM. Namun setelah menggunakan metode course review horay pada siklus I terdapat 19 siswa atau 76 % yang mencapai KKM, pada siklus II terdapat 21 siswa atau 84% yang mencapai KKM, dan pada siklus III terdapat 23 siswa atau 92% yang mencapai KKM. Dengan demikan, menerapkan metode course review horay dapat meningkatkan hasil belajar.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2020-06-28
How to Cite
., R. (2020) “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP TUNAS INSANI”, Inspiratif Pendidikan, 9(1), pp. 248-268. doi: 10.24252/ip.v9i1.15985.
Section
Artikel