PENGARUH PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KABUPATEN SAMBAS

  • Kaspullah . Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
    (ID)
  • Purniadi Putra Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
    (ID)
  • Imelda Wulandari Mahasiswa Pascasarjana Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, IAIS Sambas
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendiskripsikan dan menganalisis persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala madrasah,  motivasi kerja guru, kompetensi guru, kinerja guru dan (5) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten Sambas. Metode penelitian dengan kuantitatif deskriptif asosiatif kausal (sebab-akibat). Populasi penelitian yaitu kepala madrasah dan seluru guru di MTs  Se-Kabupaten Sambas 133 guru. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan koefisien alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian bahwa: (1) terdapat pengaruh persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansinya sebesar 0.00 yang ditunjukkan dengan nilai 0.356 artinya mengandung pengertian bahwa 35.60%. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansinya sebesar 0.00, memberikan sumbangan sebesar 47.10%  (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansinya sebesar 0.00 memberikan sumbangan sebesar 31.20%. Implikasi penelitian hasil temuan penelitian ini diperlukan upaya-upaya peningkatan kinerja guru diantaranya; membuat perencanaan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi dan mengawasi seluruh kegiatan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah, memberikan insentif bagi guru yang berprestasi, mengirim guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan diantaranya pelatihan membuat perangkat program pembelajaran maupun pelatihan dalam menggunakan media teknologi, mengikuti  MGBS (Musyawarah Guru Bidang Studi) musyawarah dengan tujuan untuk menyatukan, mengevaluasi dan mencari solusi atas kekurangan  dalam proses belajar mengajar. menambah pengetahuan baru dengan menggunakan media cetak atau media masa

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ahmadi, (1987). Pendidikan Dari Masa Ke Masa (Bandung: CV Armiko, 1987)

Alimi, ‘Teachers’ Perception of Principals’ Leadership Effectiveness in Public and Private Secondary Schools in Ondo State’, 2011, 7 (p. hlm 22).

Alwi Hasan, dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka, 2005)

Anis Syamsu Rizal, ‘Pengaruh Motivasi Kerja dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru SMP’, Jurnal Ulul Albab, 23.1 (2019), 15 (p. hlm 17) <https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658>.

Anwar, “Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan: Studi Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah.”

Atiqullah, (2011). “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kelas Unggulan,” Nuansa 8, no. 1.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, (2010) . Teori Belajar & Pembelajaran (Yogyakarta: Ar-Ruz Media)

Barnawi dan Mohammad Ariffin, (2012). Etika dan Profesi Kependidikan (Yogyakarta: Ar-Ruz Media)

Bimo Walgito, (2014). Pengantar Psikologi Umum (Surabaya: Bina Ilmu)

Burhanuddin, (2014). Analisis Administrasi, Mmanajemen dan Kepemimpinan Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara,)

Dita Anggrayni, Hery Sawiji, and Susantiningrum Susantiningrum, ‘Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Pancasila 6 Jatisrono Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri’, JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 2.2 (2018) <https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/20800> [accessed 30 July 2020].

Djati Handajani, ‘Analisis Peningkatan Kinerja Guru Berdasarkan Diklat Dan Kompensasi Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Smp Negeri Sub Rayon Jakenan Kabupaten Pati)’ (unpublished Masters, Universitas Muria Kudus, 2016) <http://eprints.umk.ac.id> [accessed 28 July 2020].

Ermi Sola, ‘SEBUAH REFLEKSI : Efektivitas Kerja Pimpinan’, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1.2 (2017), p. hlm 243 <https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4267>.

Fery Desrian Octama, ‘Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Batu Brak Lampung Barat’ (unpublished Skripsi di Publikasikan, Lampung, Fakultas Keguraan dan Pendidikan, 2018) <http://digilib.unila.ac.id/31202/> [accessed 27 July 2020].

Fitriyasni dan Marlis Safrida, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru,” FITRA 3, no. 2 (2017).

H Ade Sobandi, ‘Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMKN Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung’, 9.17 (2010), 10 (p. hlm.31).

Hamzah B. Uno, (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), 72.A.M Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: CV. Rajawali).

Hary Susanto, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2.2 (2012) <https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028>.

Hasil Observasi di MTs Negeri Kabupaten Sambas, pada tanggal 5 Januari 2020

Husaini Usman, (2008) Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara)

J.B. Situmorang dan Winarno, (2008). Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik (Klaten: Macanan Jaya Cemerlang,)

Jamil Suprihatiningkrum, (2014), Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru (Yogyakarta: Ar-Ruz Media,.

Jejen Musfah, (2011), Peningkatan Kompetensi Guru (Jakarta: Kencana,.

Jejen Musfah, (2012) Peningkatan Kompetensi Guru: Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik (Jakarta: Kencana,.

Komang Septia Cahya Ningrum, ‘Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja’, 7 (2016), 12.

Laeli Kurniati, ‘Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Purbalingga’ (unpublished PhD Thesis, Universitas Negeri Semarang, 2007).

lilik Kurniasih, ‘Pengaruh Kompetensi Guru, Iklim Organisasi dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/ 2018’, 187 (p. hlm.118).

Moh Uzer Usman, (2005), Menjadi Guru Profesional (Bandung: Rosdakarya)

Mohamad Zamroni, Nurkolis dan Yovitha Yuliejantiningsih, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Smp Sekecamatan Kersana Kabupaten Brebes,

Mohammad Asrori, (2009). Psikologi Pembelajaran (Bandung: CV. Wacana Prima,

Muchlish Huda, “Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Berbasis Sekolah,” al-Afkar, Journal for Islamic Studies 1, no. 2 (2018): hlm. 46–54.

Muhammad Izzuddin Taufiq, (2006). Panduan Lengkap dan Praktis Psikogi Islam (Jakarta: Gema Insani Press.

Muhibinsyah, (1999). Psikologi Belajar (Jakarta: Logos)

Mulyasa, (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. andung: PT. Remaja Rosda Karya, (2007), hlm. 90.

Ngalim Purwanto, (2006). Psikologi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Ni Putu Mega Lusiana, ‘Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sma Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2017’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10.2 (2019), 440–49 <https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076>.

Nyoto, (2009). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia (Ponorogo, Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia,

.Marihot Tua Efendi Hariandja, Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai (Jakarta: Grasindo, 2002), hlm. 1.

Rahmawati Setia Utami and Tarsis Tarmudji, ‘Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Kerja Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 7 Semarang Pada Tahun 2013/2014’, Economic Education Analysis Journal, 3.2 (2014).

Rasto Rasto and Siti Yulianti Maulani, ‘Satisfaction and Motivation as Determinants of Teacher Performance’, Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 5.1 (2019), 11–21 (p. hlm 18) <https://doi.org/10.17977/um003v5i12019p011>.

Rusman, (2009) Manajemen Kurikulum (Jakarta: Rajawali Pers).

Satria Mulyawan, ‘Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Kota Tegal’ (unpublished PhD Thesis, Universitas Negeri Semarang, 2011).

Slamet Riyadi and Aria Mulyapradana, ‘Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan’, Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, 13 (2017), 106–17.

Sudarman Danim, (2010). Kepemimpinan Pendidikan Kepemimpinan Jenius ( IQ + EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos (Bandung: Alfabeta)

Sudarwan Danim, (2011). Pengembangan Profesi Guru (Jakarta: Kencana)

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

Suparman, (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru: Sebuah Pengantar Teoritik (Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia

Titin Eka Ardiana, ‘Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun’, JURNAL AKUNTANSI DAN PAJAK, 17.02 (2017) <https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11>.

Tri Andjarwati, “Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland,” JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen 1, no. 1 (2015): hlm 48.

Triamto, (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan &Tenaga Kependidikan (Jakarta: Kencana)

Zafri Zamzam, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary: Sebagai Ulama Juru Da’wah Sejarah Penyiaran Islam di Kalimantan Abad 13 H/18 M dan Pengaruhnya di Asia Tenggara (Banjarmasin: Antasari Press, 2018)

Published
2020-10-30
How to Cite
., K., Putra, P. and Wulandari, I. (2020) “PENGARUH PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KABUPATEN SAMBAS”, Inspiratif Pendidikan, 9(2), pp. 110-127. doi: 10.24252/ip.v9i2.16033.
Abstract viewed = 1047 times