HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS AL-MUHAJIRIN TANAH SAREAL KOTA BOGOR
Abstract
Abstrak : Akhlak menjadi rujukan untuk menentukan seseorang itu baik atau tidak, seseorang itu bisa dikatakan baik apabila mencerminkan nilai-nilai akhlak yang tinggi. Pada zaman sekarang, akhlak yang baik sangat sulit di terapkan maupun di temukan sehingga terjadi krisis akhlak terutama dikalangan peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang baiknya akhlak siswa kelas VIII di Mts Al-Muhajirin Kota Bogor seperti masih ada siswa yang bersikap kasar dan tidak sopan kepada guru,sesama siswa dan warga sekolah, bullying. Perkelahian antar teman, datang terlambat, dan tidak mengikuti pembelajaran. Tujuan utama penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui lingkungan sekolah siswa kelas VIII di Mts Al-Muhajirin Kota Bogor. 2) Untuk mengetahui akhlak siswa kelas VIII di Mts Al-Muhajirin Kota Bogor. 3) Untuk mengetahui problematika akhlak siswa kelas VIII di Mts Al-Muhajirin Kota Bogor. 4) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pembentukan akhlak siswa kelas VIII di Mts Al-Muhajirin Kota Bogor. 5) Untuk mengetahui hubungaan lingkungan sekolah dengan akhlak siswa kelas VIII di Mts Al-Muhajirin Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah Pendektatan kuantitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al-Muhajirin Tanah Sareal Kota Bogor pada bulan Juli 2020. Populasi meliputi seluruh kelas VIII yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian melalui uji korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan/cukup antara lingkungan sekolah dengan akhlak siswa. Uji tersebut menunjukan nilai korelasi vairabel X dan Y sebesar 0,474, jika dilihat dari tabel interpretasi nilai yang diperoleh yaitu 0,474 terletak antara 0,40-0,70 maka hasil data termasuk korelasi sedang atau cukup.