SINERGITAS BIMBINGAN KONSELING DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 1 GUNUNGPUTRI
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kualitas karakter siswa sekolah di Indonesia yang ditandai dengan banyaknya kasus kekerasan terhadap guru dan sesama siswa. Bimbingan konseling dan guru pendidikan agama Islam di sekolah sangat berpengaruh terhadap karakter siswa, karena keduanya memiliki tanggung jawab yang sama terhadap pendidikan karakter siswa di sekolah. Kualitas karakter siswa yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses atau upaya yang dilakukan oleh bimbingan konseling dan guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa di SMK Negeri 1 Gunungputri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana proses penelitian dilakukan melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait atau berhubungan dengan fokus penelitian. Selain itu, pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, teknik triangulasi menjadi cara dalam menguji keabsahan data. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif di mana hasil temuan penelitian disusun, diklarifikasikan, dianalisis, dan diinterpretasikan dalam bentuk kalimat sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil positif mengenai kerja sama atau sinergi yang dilakukan oleh bimbingan konseling dan guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan karakter melalui interaksi, program-progam bimbingan konseling, serta program sekolah yang berkaitan dengan pendidikan karakter.
Downloads
References
Azam, U. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Darimunthe, R. A. (2015). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 107-108.
Daryanto, D., & Suryatri Darmiatun, S. M. (2013). Impementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hanafi, H., Adu, L., & Zainuddin. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 91.
Mukarromah. (2018). Pendidikan Islam Integratif Berbasis Karakter. Yogyakarta: Penerbit Rubrik.
Rohman, M., & Hairudin. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 24.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Satriah, L. (2018). Panduan Bimbingan dan Konseling Pendidikan. Bandung: FOKUSMEDIA.
Sriyono, H. (2015). Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Suyadi, M. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tamami, B. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMA Sultan Agung Kasiyan-Puger-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan Islam, 24.
Tim Penyusun. (2016-2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Yusuf, A.M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.
Yusuf, S. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkembangan: Suatu Perkembangan Komprehensif. Bandung: PT Refika Aditama.