PRESTASI BELAJAR PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN ANTARA SISWA YANG BERWIRAUSAHA DAN SISWA YANG TIDAK BERWIRAUSAHA

  • Alif Handayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Prestasi Belajar Prakarya kewirausahaan siswa yang berwirausaha dan siswa yang tidak berwirausaha di Man 1 kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan metode ex poct facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 391 siswa, namun dikarenakan jumlah populasi ini lebih dari 100 maka penulis mengambil 20% jumlah populasi sehingga sampel sebanyak 78 siswa. Kemudian untuk menghitung perbandingan, menggunakan aplikasi SPSS Versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi antara prestasi belajar prakarya kewirausahaan siswa yang berwirausaha dan siswa yang tidak berwirausaha. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menggunakan uji T test (Independent Sample Test) akan menghasilkan nilai yang signifikan yaitu 2-tailed (sig.2-tailed) sebesar 0,40 dan 0,45 lebih besar dari probabilitas 0,05 (p= 0,40 dan p=0,45 > 0,05). Kesimpulan penelitian ini adanya perbedaan prestasi belajar Prakarya kewirausahaan siswa yang berwirausaha dan siswa yang tidak berwirausaha. Perbedaan nya adalah bahwa siswa yang melakukan wirausaha prestasi nya cukup tinggi dari pada siswa yang tidak melakukan wirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Handayani, A. (2020) “PRESTASI BELAJAR PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN ANTARA SISWA YANG BERWIRAUSAHA DAN SISWA YANG TIDAK BERWIRAUSAHA”, Inspiratif Pendidikan, 9(2), pp. 187-193. doi: 10.24252/ip.v9i2.16326.
Abstract viewed = 444 times