EFEKTIVITAS TEKNIK MODELLING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT SOUVENIR TOWEL ANIMAL BAGI ANAK TUNARUNGU

  • Indri Heriani Universitas Negeri Padang
    (ID)
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang
    (ID)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membuat souvenir towel animal bagi siswa tunarungu. Tujuannya adalah untuk membuktikan teknik modelling efektif digunakan dalam membuat souvenir towel animal. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan jenis one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini lima orang siswa SMP tunarungu di SLBN 1 Harau yang dijadikan sampel disebut dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan berupa pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa membuat souvenir towel animal, selanjutnya diberikan treatment dengan menggunakan teknik modelling dan dilanjutkan dengan memberikan posttest diolah dan dibandingkan dengan menggunakan  uji Wilcoxon Rank Test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada saat pretest yaitu 52,00 sedangkan nilai posttest didapatkan hasil yaitu menjadi 93,60. Data diolah menggunakan uji wilcoxon hasilnya diperoleh nilai rank tast antara pretest dan posttest 2,070 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,038. Probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probabilitas < dari probabilitas yang telah ditetapkan yaitu 0,038 < 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan teknik modelling efektif digunakan dalam keterampilan vokasional membuat souvenir towel animal bagi siswa tunarungu. Disarankan bagi pendidik agar menggunakan teknik modelling dalam mengajarkan keterampilan vokasional, karena siswa tunarungu membutuhkan contoh yang nyata dan dapat ditiru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Indri Heriani, Universitas Negeri Padang
Pendidikan Luar Biasa

References

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

Denara, Y., & Iswari, M. (2020). Effectiveness of Lanterns Application on Making Lanterns Skills Improvement From Sewing Yarn for Deaf Children. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.29062/edu.v3i2.43

Fitriawan, R. (2019). peningkatan keterampilan vokasional melalui pelatihan cetak sablon kaos bagi anak tunarungu kelas XII di SLB Bakti Putra Ngawis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Iswari, M. (2008). kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang:UNP Press

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung:ALFABETA.

Muspita, R., Safaruddin, S., Ardisal, A., & Sopandi, A. A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Membuat Ikan Bakar Bagi Anak Hambatan Pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 48. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.526

Ningsih, E. F. (2015). Teknik Modelling Berbasis Tari Ganggiring Modifikasi Terhadap Kemampuan Sensomotorik Pada Anak Cerebral Palsy. 1–10.

Pamungkas, N. A. (2020). Penggunaan Media Barrier Game Terhadap Kemampuan Memahami Kosa-Kata Pada Anak Tunarungu Penggunaan Media Barrier Game Terhadap Kemampuan Memahami Kosa-Kata Pada Anak Tunarungu.

Putri, L. Y., & Hasan, Y. (2019). Efektivitas Media Video Tutorial Dalam Keterampilan Vokasional Membuat Ikan Asin Bagi Anak Tunarungu ( Pre Experimental Designt Di Slb Yppc Painan ). 3(22), 45–48.

Safitri, R. I. (2018). Penerapan Teknik Modelling Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SMPLB C Aisiyah Krian. 1–14.

Sasmitara, N. K. (2019). Teknik Modelling Keterampilan Vokasional Dalam Membuat Keset Untuk Siswa Tunagrahita Ringan.

Swahyudi. (2013). Perancangan Souvenir Berbahan Kulit Berciri Khas Universitas Negeri Yogyakarta. 1–20.

Published
2020-06-14
How to Cite
Heriani, I. and Damri, D. (2020) “EFEKTIVITAS TEKNIK MODELLING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT SOUVENIR TOWEL ANIMAL BAGI ANAK TUNARUNGU”, Inspiratif Pendidikan, 9(1), pp. 320-327. doi: 10.24252/ip.v9i1.16534.
Abstract viewed = 353 times