HUBUNGAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PADA MAHASISWA TBI IAIN TAKENGON TA.2019/2020
Abstract
Penelitian ini melihat hubungan antara gender dengan hasil belajar pada mata kuliah metodologi penelitian pada mahasiswa TBI TA. 2019/2020. Gender merupakan salah satu bagian dari aspek psikologis yang berasal dari individu seseorang yang akan mempengaruhi keberhasilan belajar seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara gender dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian TA. 2019/2020. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester V IAIN Takengon sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh, sehingga seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel yaitu sebanyak 25 orang mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan melihat hubungan antara kedua variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis data tersebut didapatkan bahwa nilai r hitungnya adalah 0,15 dan r tabelnya adalah 0,3809 sehingga r hitung lebih kecil dari pada r tabel. Dan menghasilkan kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara gender dengan hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian pada mahasiswa TBI TA. 2019/2020 di IAIN Takengon.
Downloads
References
Akdon, (2008)., Aplikasi Statistika & Metode Penelitian., Bandung., Dewa Ruchi
Andik Wahyun Muqoyyidin, (2013), Wacana Kesetaraan Gender: Pemikiran Islam Kontemporer tentang Gerakan Feminisme Islam, Jurnal Al-Ulum Volume. 13 Nomor 2
Arie Wahyuni, Prihadi Kurniawan, (2018), Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, Jurnal Matematika Vol. 17, No. 2
Dessy Mulyani, (2013), Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Jurnal Konselor, Volume 2 Nomor 1
N. Aisyah, (2013), Relasi Gender dalam Institusi Keluarga (Pandangan Teori Sosial dan Feminis), Jurnal: Muwazah, Volume 5 Nomor 2
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugeng Apriadi, Syahrul Syah Sinaga, (2012), Strategi Pembelajaran Drum pada Junior Kids Secara Klasikal di Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB) Semarang, Jurnal Seni Musik, UNS, Volume 1 Nomor 1
Syaefudin Achmad, (2019), Membangun Pendidikan Berwawasan Gender, YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, volume 1 nomor 1
Triave Nuzila Zahri1, dkk, (2017), Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa, Jurnal: Konselor, Volume 6 Number 1