ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ANIMALIA TERINTEGRASI KARAKTER KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

  • Evi Sulistia Wati Jambi University
    (ID)
  • Bambang Hariyadi Jambi University
    (ID)
  • Wilda Syahri Jambi University
    (ID)

Abstract

ABSTRACT: Kehidupan pada abad ini membutuhkan sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga yang dikelola secara profesional sehingga mampu membuahkan hasil unggul yang berbeda dari masa-masa sebelumnya. Dalam konteks pembelajaran kreativitas, karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains butuh dikembangkan. Pembelajaran perlu dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan peserta didik yang aktif, mandiri, dan mampu membangun pengetahuannya masing-masing. Melalui model PjBL siswa dibimbing untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Minimnya perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains, membuat guru kesulitan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru dan siswa  di SMA N 1 Muaro Jambi pada kelas X MIPA, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis  PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains, masih sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan terhadap pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  66,7% peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi animalia, 83,3% peserta didik merasa membutuhkan sumber belajar yang baru untuk memahami materi animalia, 86,7% peserta didik menyukai bahan pembelajaran elektronik. Dengan demikian perangkat pembelajaran berbasis PjBL pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains yang akan dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Data Jumlah dan Persentase Penduduk Bekerja dan Pengangguran. Source Url:https://www.bps.go.id/indicator/6/1953/1/jumlah-dan-persentase-penduduk-bekerja-dan-pengangguran.html

Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Dharma, Surya. (2019). Bahan Ajar Fleksibel : Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Elfinfri, dkk. (2010). Soft skill dan Hard skill untuk Pendidik. Baduose Media.

English, M. C. , & Kitsantas, A. (2013). Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Vol. 7 (2). Pp. 128-150. Available at: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1339

ILO.(2005). Modul 1 : Apakah Usaha dan Kewirausahaan itu?. Turin, Italy : International Training Centre, ILO.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557

Nugraha, Ali. (2005). Sains dalam Ilmu Pengetahuan. Bandung: Pustaka Setia.

Oemar, Hamalik. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Parwati, N.N., Suryawan, I.P. dan Apsari, R.A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Putrawangsa, S. (2018). Perangkat Pembelajaran: Design Research sebagai Pendekatan Perangkat Pembelajaran. Mataram: CV. Reka Karya Amerta.

Rahayu, G.D.S. (2020). Mudah Menyusun Perangkat Pembelajaran. Purwakarta : CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Rilman. (2013). Analisis Faktor Kompetensi Soft Skill Mahasiswa Yang Dibutuhkan Dunia Kerja Berdasarkan Persepsi Manajer Dan HRD Perusahaan. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Bakrie. ISSN (02), 1410 – 3583.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Perangkat dan Pengembangan Kependidikan (Konsep Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. (alfabeta, Ed.). bandung.

Usman, S & B. Asnawir. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Widiyoko, E.P. 2018. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175.

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175.

Published
2023-10-01
How to Cite
Wati, E. S., Hariyadi, B. and Syahri, W. (2023) “ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ANIMALIA TERINTEGRASI KARAKTER KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS”, Inspiratif Pendidikan, 11(2), pp. 544-564. doi: 10.24252/ip.v11i2.26981.
Abstract viewed = 169 times