PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI GOWA

  • Abu Dzar Al-gifari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Cooperative Tipe Student Facilitator and Explaining

Abstract

Hasil belajar Fikih yang diajar tanpa menggunakan Model pembelajaran Cooperative Tipe Student Facilitator and Explaining di MTs Negeri Gowa mengalami peningkatan, yaitu nilai pretest adalah 73,75 dan nilai postest adalah 86,66, hasil yang kedua adalah belajar Fikih yang diajar menggunakan Model pembelajaran Cooperative Tipe Student Facilitator and Explaining di MTs Negeri Gowa mengalami peningkatan, yaitu nilai pretest adalah 80 dan nilai postest adalah 91, kemudian pengaruh hasil belajar Fikih pada penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Student Facilitator and Explaining di MTs Negeri Gowa Kab. Gowa berdasarkan hasil perhitungan SPSS di peroleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,003 > 1,71. Maka kesimpulan yang diambil adalah H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar Fikih yang diajar dengan menggunakan model Cooperative Tipe Student Facilitator and Explaining di MTs Negeri Gowa.

Implikasi dari penelitian ini bagi peserta didik di MTs Negeri Gowa di harapkan hasil belajarnya dapat di pertahankan dan di tingkatkan sehingga Model pembelajaran Cooperative Tipe Student Facilitator and Explaining dapat dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif dalam proses belajar mengajar. Untuk menambah wawasan keilmuan peneliti tentang model Student Facilitator and Explaining dan dapat dijadikan sebagai salah satu acuan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Destianah, “Pengaruh Model Cooperative Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran Ipa di MTs Negeri Palembang” Skripsi, (Palembang: Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang).
Kurniasih Imas dan Berlin Sani, 2015 Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Bandung: Kata Pena.
Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Teras.
Ma’had Islamy 1 Ulu Palembang” Skripsi (Palembang, Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017), hal. 91 Shofa Atin Ulul Azmi, Pengaruh Implementasi Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMPN 1 Sukodadi Lamongan, Skripsi (Surabaya Fak. Tarbiyah dan Keguruan 2017).
Muslianti, “Penerapan Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa di Kelas V MIN Merduati Banda Aceh” Skripsi, (Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D, (Cet. XXII; Bandung: Alfabeta, 2015.
Tika Mufrika, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik” Skripsi, (Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Tyas, Diani Ning. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining terhadap Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Kedungerjo Waru Sidoarjo, Skripsi, (Surabaya Fak. Tarbiyah dan Keguruan
Published
2023-02-08
How to Cite
Al-gifari, A. D. (2023) “PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI GOWA”, Inspiratif Pendidikan, 11(2), pp. 510-529. doi: 10.24252/ip.v11i2.32565.
Abstract viewed = 69 times