PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 3 CARA MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap belajar pada siswa kelas V SDN Ciomas 04 melalui eksperimen quasi dua kelompok. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dengan menggunakan rubrik untuk mengetahui kemampuan belajar siswa, hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 100% untuk kelas eksperimen, 0% untuk kelas kontrol. Kemudian hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,557692) > ttabel (2,391229). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Patliyati, T., Kebumen, K., & Learning, P. B. (2015). Jurnal GeoEco Jurnal GeoEco ISSN : 2460-0768. 1(2).
Raresik, K. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus VI. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 3.
Sovia Marwah, H., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya. In JOURNAL OF SOCIAL STUDIES, ARTS AND HUMANITIES (JSSAH) (Vol. 01, Issue 01). P 43.
Sutisna, E., Novita, L., & Iqbal Iskandar, M. (n.d.).(2020).Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal.