Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Kartika I-2 Medan Kecamatan Medan Helvetia

  • Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    (ID)
  • Yulia citra UIN Sumatera Utara
    (ID)
  • Rafika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    (ID)
  • Al-Hilal Habibi Sihotang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    (ID)
Keywords: Implementation, Extracurricular, Rohis

Abstract

Intra-school organizations that deepen and strengthen students' personalities to become more Islamic is one of the meanings of ROHIS or Rohani Islam. Rohis is usually carried out in extracurricular form in middle and high schools. Rohani Islam is a large association owned by students to be able to carry out da'wah activities at school. This Islamic spiritual activity can also shape students' character that reflects the Prophet Muhammad. This research uses one method, namely the qualitative method using a descriptive approach. The analytical method used is a monitoring or observation approach, interviews and documentation studies. This research aims to implement Rohani Islam extracurricular activities in instilling character education in students at SMA Kartika I-2 Medan, Medan Helvetia District.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wahab, Solichin. 2004. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara, (Jakarta: Bumi Aksara)
Badrudin, 2014, Manajemen Peserta Didik, (Jakarta: PT Indeks)
Deptemen Pendidikan dan Budaya, 1990, Kamus Besar Bahasa Indonesia, ( Jakarta: Balai Pustaka )
Dharma Kesuma, 2015, Pendidikan Karakter: kajian teori dan praktik (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Fathul Muin, 2011, Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik (Yogyakarta: Ar Ruzz)
https://tafsirq.com/33-al-ahzab/ayat-21, diakses 15 Desember 2023
Muhaimin, dkk, 2008, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)
Nasrullloh Nurdin, Pedoman Pembinaan Rohis di Sekolah dan Madrasah,(Jakarta: Emir Cakrawala Islam, 2018)
Kemendiknas, Pendidikan Karakter Bangsa, dalam perpustakaan.kemendiknas.go.id/download/Pendidikan%20Karakter.pdf, diakses 16 Desember 2023
Kemenag Republik Indonesia, Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Rohani Islam (ROHIS) SMA, (Jakarta: DitPais, 2011)
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, 2013
Permendikbud No 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Pendidikan Dasar dan Menengah
Setia Budi, Aziz Samudra, 2005, Eksistensi Ruhani Manusia, (Jakarta: Yayasan Majelis Talim HDH)
Sofyan Tsauri, 2015, Pendidikan Karakter: Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa (Jember: IAIN Jember Press)
Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga
Pendidikan (Jakarta: Kencana)
Published
2024-12-31
How to Cite
Neliwati, citra, Y., Rafika and Al-Hilal Habibi Sihotang (2024) “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Kartika I-2 Medan Kecamatan Medan Helvetia”, Inspiratif Pendidikan, 13(2). doi: 10.24252/ip.v13i2.44246.
Section
Artikel
Abstract viewed = 1 times