PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENYUSUN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU MA DDI CITTA KABUPATEN SOPPENG

  • Armas Madrasah DDI Soppeng
    (ID)
  • A. Marjuni UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Peningkatan, Kompetensi Paedagogik, Suvervisi akademik, dan Guru

Abstract

Guru merupakan sumber daya manusia yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Guru merupakan unsur pendidikan yang sangat dekat hubungannya dengan anak didik dalam upaya pendidikan sehari-hari di sekolah dan banyak menentukan keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, menyebutkan ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu kompetensi-kompetensi kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial. Metode Penelitian ini ditujukan kepada semua guru di MA DDI Citta  Kabupaten Soppeng  yang berjumlah 17 orang terdiri dari  4 (empat) laki- laki dan 10 (sepuluh) perempuan. Komponen Penentuan bahan dan materi pembelajaran, terdapat peningkatan kemampuan dari 60,0% menjadi 67,1% setelah siklus 1 dan lebih menguat menjadi 72,9% setelah siklus 2,  Dalam Komponen Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran, yang didalamnya memuat langkah-langkah pembelajaran dan penentuan alokasi waktu yang digunakan,terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 49,2% menjadi 61,2% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 71,8% setelah siklus 2

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2600. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

. Alat Penilaian Kemampuan u: Hubungan antar Pribadi. Buku III. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku II. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Teknik dan cara mudah membuat Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: PT Katapena
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Permen Dikbud No.22 tahun 2013, Tentang Standar Proses pendidikan dasar dan Menengah, Dikbud, 2016
Sinto. 2005 , Upaya meningkatkan kinerja Guru melalui Supervisi Individual Terhadap guru SMAN 1 Benua Lima Kabupaten Barito Timur, Laporan Penelitian Tindakan Sekolah .
Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk. 1995. Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Sekolah sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Supardi. 2005. Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Sekolah, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2023-12-31
How to Cite
Armas and Marjuni, A. (2023) “PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENYUSUN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU MA DDI CITTA KABUPATEN SOPPENG”, Inspiratif Pendidikan, 12(2), pp. 831-843. doi: 10.24252/ip.v12i2.46868.
Abstract viewed = 47 times