Implementasi Nilai Spiritual dan Akhlak Melalui Pengajian Kitab Tanwīr Al-Qulūb pada Ma’had Aly As’adiyah Sengkang

  • Muhammad Irfan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Marjuni UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Achruh UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Implementasi, Spiritual, Akhlak, Tanwīr al-Qulūb, Ma’had Aly As’adiyah Sengkang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Nilai spiritual dan Akhlak dalam kitab Tanwīr al-Qulūb (2) implementasi nilai spiritual dan Akhlak melalui pengajian kitab Tanwīr al-Qulūb pada Ma’had Aly As’adiyah Sengkang (3) dampak impelementasi nilai spiritual dan Akhlak dalam kitab Tanwīr al-Qulūb terhadap pendidik dan peserta didik pada Ma’had Aly As’adiyah Sengkang. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer terdiri atas wawancara dengan informan, hasil observasi di lapangan serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan hasil penelitian, sedangkan sumber data sekunder terdiri atas sumber-sumber tertulis yang relevan dengan hasil penelitian. Adapun metode pe­ngumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, uji keabsahan data yang digunakan adalah derajat kepercayaan (credibility). Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, nilai spiritual dan akhlak dalam kitab Tanwīr al-Qulūb karangan Muhammad Amin al-Kurdi adalah tashfiyat al-qalb (pembersihan hati) dengan prinsip takhalli dan tahalli. Kedua, penelitian ini menunjukkan bahwa pada implementasi nilai spiritual dan akhlak pada Ma’had ‘Aly As’adiyah Sengkang melalui pengajian kitab Tanwīr al-Qulūb adalah para peserta didik (mahasantri) membiasakan untuk melakukan hal-hal yang positif baik masih berstatus sebagai mahasantri maupun setelah menjadi alumni Ma’had Aly As’adiyah. Beberapa hal yang dibiasakan mahasantri adalah tafaqqu fil al-qur’an, ikhlas, husnudzan, tawassul ilallah yang sejalan dengan dengan nilai spirtual dan akhlak yang termaktub dalam kitab Tanwīr al-Qulūb. Implikasi penelitian ini yakni kepada peneliti lainnya yang berkeinginan untuk meneliti dalam wilayah kajian yang sama, maka selanjutnya dapat mengembangkan nilai-nilai spiritual dan akhlak dari berbagai karya ulama yang dapat di implementasikan oleh pendidik kepada peserta didik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Amin. Etika (Ilmu akhlak) Jakarta: Bulan Bintang, 1993.
Burhanudin; Dhuha Abdul Jabbar; Ensiklopedia makna Al-quran: syarah alfaazhul Qur’an. Bandung: Fitrah Rabbani, 2012.
Fauzi, Achmad, Wayan Sukartiasih, dan Ninik Suchaiyati. “Perilaku Bullying pada Siswa: Sebuah Studi Naratif Review tentang Hubungannya dengan Kecerdasan Emosional.” FOCUS 5, no. 1 (10 Februari 2024).
Imawan, Sukidi. Kecerdasan Spiritual Mengapa SQ Lbh Penting dr pd IQ & EQ. Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Jaya, Yahya. Spiritualisasi Islam: dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian dan Kesehatan. Cet. 1. Jakarta: Ruhama, 1994.
Kementerian Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya. Bekasi: Cipta Bagus Segara, 2013.
Muhaimin, Abd. Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung, Trigenda Karya. Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Muhammad Amin al Kurdi. Tanwirul-Qulub. Dar al-fikr, 1995.
Muhammad Amri, La Ode Ismail Ahmad, dan Muhammad Rusmin. Aqidah Akhlak. Makassar: Semesta Aksara, 2018.
Munawwir, Ahmad Warson. al-Munawwir: kamus Arab-Indonesia terlengkap. II. cet. XIV. Pustaka Progressif, 1997.
Muthohar, Sofa. “Fenomena Spiritualitas Terapan Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global.” At-Taqaddum 6, no. 2 (17 April 2016).
Poerwadarminta, W. J. S. Kamus umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 2003.
Tasmara, Toto. Kecerdasan ruhaniah (transcendental intelligence): Membentuk kepribadian yang bertanggung jawab, professional, dan berakhlak. Gema Insani, 2001.
Thoha, H. M. Chabib. Kapita selekta pendidikan Islam. Pustaka Pelajar, 1996.
Tobroni. Pendidikan Islam; dari Dimensi Paradigma Teologis dan Spiritualitas Hingga Dimensi Praksis Normatif, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015, 2015.
Yoke Suryadarma, Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Al-Ghazali.” Jurnal Ta’dib, no. 10, Vol. 10, (Desember 2015).
Yuliah, Elih. “Implementasi Kebijakan Pendidikan.” Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan 30, no. 2 (31 Juli 2020).
Published
2024-12-29
How to Cite
Muhammad Irfan, A. Marjuni and Achruh, A. (2024) “Implementasi Nilai Spiritual dan Akhlak Melalui Pengajian Kitab Tanwīr Al-Qulūb pada Ma’had Aly As’adiyah Sengkang”, Inspiratif Pendidikan, 13(2). doi: 10.24252/ip.v13i2.53055.
Section
Artikel
Abstract viewed = 11 times