Pendidikan Akhlak dalam QS. Lukman
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengelaborasi pendidikan akhlak yang terdapat dalam QS. Lukman/31: 13-19, tujuannya adalah agar terbentuk akhlak yang mulia bagi seluruh individu khususnya bagi para pencari ilmu dan generasi penerus. Adapun fokos penelitian dalam tulisan ini adalah: 1) Bagaimana Pendidikan Akhlak yang terdapat dalam QS. Lukman. 2). Bagaimana manfaat pendidikan akhlak yang terdapat dalam QS. Lukman dan implementasinya dalam kehidupan.
Untuk menjawab penelitian ini maka digunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library recearch) dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder meliputi ayat-ayat al-Qur’ān dan pendapat para pakar tafsir yang terkait dengan pendidikan akhlak dalam berbagai kitab dan tulisan-tulisan agar diperoleh pemahaman yang mendalam dan akurat.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlak yang terdapat dalam QS. Lukman/31: 13-19 mencakup pendidikan tauhid, menghormati kedua orang tua, termotivasi melakukan kebaikan, melakukan perintah, rendah hati, dan bersikap sederhana. Adapun manfaat pendidikan akhlak yang terdapat dalam QS. Lukman dan implementasinya dalam kehidupan adalah mengangkat derajat manusia kepada derajat yang mulia. Sebab dengan mengimplementasikan pendidikan akhlak yang terdapat dalam QS. Lukman/31; 13-19, manusia senantiasa memperbaiki hubungan kepada Sang Pencipta yaitu Allah swt, memperbaiki hubungan kepada sesama manusia, memperbaiki akhlak kepada diri sendiri, dan memperbaiki akhlak kepada lingkungan.
Downloads
References
Abū Ṣāliḥ, Muḥib al-Dīn Aḥmad et. al., Mużakkarah Mūjazah fī al-Tarbiyah al-Islāmiyah, Universitas islam madinah: Fakultas Tarbiyah, 1412 H.
Adams, Lewis Mulford, Webster’s World University Dictionary, Washinton, D.C.: Books Inc, 1965.
Ali, Atabik & Ahmad Zuhdi Muhdhar, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta: Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, 1996.
Anis, Ibrahim, al-Mu’jam al-Wasit, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1972.
al-Bustāmy, Fuad Irfan, Munjib at-Tullāb, Cet. XV; Bairut: al-Maktabah asy-Syarqiyyah, 1986.
Djamberan, H.M. Syah Indar, Filsafat Pendidikan, Cet. I; Surabaya: Karya Abditama, 1974.
al-Gazali, Muhammad, Ihya Ulum al-Din, Jilid. III, Cet. III; Bairut: Dar al-Fikr, 1991.
ibn Kaṡir, Ismā’il, Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm, Jilid. XI, Cet. I; Kairo: Maktabah Aulād al-Syaikh litturāṡ, 2000.
ibn Zakariyā, Aḥmad ibn Fāris, Maqāyis al-Lugah, Juz. III, t.t.: Dār al-Fikr, t. th..
Karomah, Fika Fitrotin dan Ali Rahmat, “Model Pendidikan Karakter dalam Kisah Luqman al-Hakim”, Jurnal Kariman, volume 10, No. 1 (Juni 2022). (Diakses pada tanggal 29 November 2024).
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
Munawwir, Ahmad Warson, Kamus al-Munawwir, Cet. IX; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Naesabūrī, Abū al-Ḥusain ibn Muslim al-Qusyarī, al-Jāmi’ al-Ṣaḥiḥ, Juz. VIII, t.t.: t.p, t.th.
Rahmawati, Ana dan Ali As’ad, Penguatan Pendidikan karakter dengan Qaṣāṣ al-Qur’ān, Jurnal Tarbawi, Vol. 15, No. 1. Januari-Juni 2018, (Diakses pada tanggal 29 November 2024)
Shihab, M. Quraish, Secercah Cahaya Ilahi; Hidup Bersama al-Qur’an, Cet. II, Bandung: Mizan, 2001
-----------------------, Tafsir al-Misbah: Pesan, kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Volume 11, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
al-Zuhailī, Wahbah, al-Tafsīr al-Munīr fī al-Aqīdah wa al-syarī’ah wa al-Manhaj (al-Maktabah al-Syamilah), Cet. III: Bairut: Dār al-Fikr, 1983.
-----------------------, al-Tafsīr al-Munīr fī al-Aqīdah wa al-syarī’ah wa al-Manhaj, Juz.V, Jilid. II, Bairut: Dār al-Fikr, 1983.