PENGARUH METODE MANGAJI TUDANG DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN MEMBACA KITAB KUNING PESERTA DIDIK DI MAS AS’ADIYAH PUTRI PUSAT SENGKANG

  • Syamsuri . UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andini Nur Adiva Yamin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Metode Mangaji Tudang dan Peningkatan Pengetahuan Membaca Kitab Kuning Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Metode Mangaji Tudang dalam Peningkatan Pengetahuan Membaca Kitab Kuning Peserta Didik di MAS As’adiyah Putri Pusat Sengkang. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode mangaji tudang  dan peningkatan pengetahuan membaca kitab kuning peserta didik di MAS As’adiyah Putri Pusat Sengkang, memiliki hasil yang sama yakni diperoleh sebanyak 36 orang berada di kategori sedang dengan presentasi 64% dengan perolehan rata-rata sebesar 61%. Dari hasil perhitungan diperoleh  hasil analisis (t hitung > t tabel = 7,412 > 0,588). Sehingga membuktikan bahwa kontribusi pengaruh metode mangaji tudang dalam peningkatan pengetahuan membaca kitab kuning peserta didik di MAS As’adiyah Putri Pusat Sengkang yakni 63,9% dan sisanya yakni sebesar 36,1% dipengaruhi dengan faktor lain di luar dari variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam, Suroso. Sistem Pendidikan Islam. Cet. I; Bekasi Barat: Sukses Publishing, 2011.
Adi S., Pengertian Peningkatan Menurut Ahli. (2003) http://www.duniapelajar.com. pengertian-peningkatan-menurut-para-ahli.html (Diakses hari Ahad, 21 November 2021. Pukul 12.35 WITA).
Adib, Abdul. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren.” Jurnal Mubtadiin. Vol. 7, No. 1. Januari-Juni 2021.
Akbar, Ali dan Hidayatullah Ismail. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.” Jurnal Ilmiah Keislaman. Vol. 17, No. 1. Januari – Juni 2018.
Al-Khalili, Amal Abdussalam. Mengembangkan Kreativitas Anak. Cet. I; Jakarta: al-Kautsar, 2005.
Amirudin, “Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentatif Melalui Model Halaqah.” Jurnal al-Ta’dib. Vol. 9, No. 1. Januari-Juni 2016.
Arif, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres, 2000.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Armansyah. “Penerapan Sistem Pembinaan Halaqah untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional.” Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, Vol. 2, No. 1. April 2018.
Azizi, Qodzi. Pendidikan Agama Islam Membangun Etika Sosial. Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Badruddin. “Peserta Didik dalam Perspektif al-Qur’an.” Jurnal. Vol. 6, No. 1. Januari-Juni 2012.

Baharuddin dan MH. Makin. Pendidikan Humanistik. Cet. I; Yogyakarta: ar-Ruzz Media, 2007.

Dahlan, Abdul Aziz. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.
Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Cipta Pustaka Media, 2000.
Dawan, Ainurrafiq dan Ahmad Ta’arifin. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Cet. I; Jakarta: Listafariska Putra, 2004.
Departemen Pendidikan Nasional. Suplemen Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.
Djamarah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
E-Learning Indonesia. 3 Cara Meningkatkan Pengetahuan Pelajar terhadap Materi, (2020) https://www.brightspaceindonesia.com/blog/3-cara-meningkatkan-pengetahuan-pelajar-terhadap-materi (Diakses hari Ahad, 21 November 2021, pukul 10.09 WITA).
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Hasan, M. Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia; Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1999.
Herniati, Mangaji Tudang di Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme Kabupaten Bulukumba (Studi terhadap Metode Dakwah al-Mauidzah Hasanah). Skripsi. Makassar: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin Makassar, 2017
Hidayah, Bashirotul. “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Arab Pegon.” Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3, No. 1. Maret 2019.
Hidayah, Ridho. “Konsep Metode Halaqah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol. 1, No, 3. Februari 2022.
……., “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo.” Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1, No. 1. Juni 2022.
Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers, 2018.
Idrus, M. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gelora Aksara Pratama, 2009.
Ilham dan Sukrin HT. “Konsep Metode Halaqah dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti,” Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam. Vol. 18, No. 2. Juli 2020.
Irdawati, Yunidar, dan Darmawan. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIN Buol.” Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 5, No. 4.
Jabbar, Moh. Tasi’ul Jabbar dkk. “Upaya Kyai dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.” Jurnal. Vol. 1, No. 1. Februari 2017.
Kamal, Ahmad. Kamaluddin Abunawas dan A. Marjuni. “Pelaksanaan Pengajian Halaqah dalam Pemahaman Keagamaan pada Ma’had Aly Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Kabupaten Wajo.” Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan. Vol. 17, No. 2. Agustus 2019.
Karim, Bisyri Abdul. Strategi Pembelajaran Kitab Kuning; Transformasi Penguatan Sistem Subkultur Pondok Pesantren Indonesia. Cet. I; Makassar: LPP UNISMUH, 2020.
Kbbi online. https://kbbi.web.id (Diakses hari Ahad, 21 November 2021, pukul 12.29 WITA).
Langgulung, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 2007.
Mafrukhi dkk. Komponen Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007.
Maksum. Madrasah; Sejarah dan Perkembangannya. Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
MB. Natsir. Jung Muhammad Nur. “Efektivitas Pengajian Kitab Kuning terhadap Pemikiran Hukum bagi Santri di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang Maros (Analisis Perbandingan Pemikiran Imam Maliki dan Imam Syafi’i).” Skripsi. Makassar: Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Alauddin Makassar, 2020.
Morissan. Metode Penelitian Survei. Cet. I; Jakarta: Prenada Media Group, 2012.
Mukhtazar. Prosedur Penelitian Pendidikan. Cet. I; Yogyakarta: Absolute Media, 2020.
Musyaffa, Mokhamad Ali. “Desain Pembelajaran Kitab Kuning di SMP Terbuka Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin Wonosalam Desa Wanar Pucuk Lamongan.” Jurnal. Vol. 8, No. 1. April 2021.
Mutiara, Tia. dkk,. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK Kelas X. Cet. I; Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2008.
Mutmainnah. “Efektivitas Pengkajian Kitab Kuning terhadap Pemahaman Hukum Islam bagi Santri di Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang.” Skripsi. Makassar: Jurusan Peradilan Agama Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Alauddin Makassar, 2017.
Nata, Abuddin. Sejarah Pertumbuhan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo, 2001
Nurjanah, Lia. “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung.” Skripsi. Lampung: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Samsul Nizar. Sejarah dan pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam. Ciputat: Quantum Teaching, 2005.
Putra, Indra Syah dan Diyan Yusr. “Pesantren dan Kitab Kuning.” Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 6, No. 2. Desember 2019.
Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Instansi. Jakarta: Erlangga, 2005.
Ragil Retnaningsih, “Hubungan Pengetahuan dan Sikap tentang Alat Pelindung Telinga dengan Penggunaannya pada Pekerja di PT. X.” Journal Of Industrial Hygiene And Occupational Health. Vol. 1, No. 1. Oktober 2016.
Riduwan. Dasar-Dasar Statistika. Cet. VIII; Bandung: Alpabeta, 2010.
……., Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Cet. XI; Bandung: Alfabeta, 2015.
Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian Panduan bagi Peneliti Pemula. Gowa: Pustaka al-Maida, 2019.
Shaleh, Abdul Rahman. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa; Visi, Misi dan Aksi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Shihab, M. Quraish.Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 15. Juz ‘Amma. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Siraj, Arifuddin. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Siregar, Syafaruddin. Statistik Terapan untuk Penelitian. Cet. I; Jakarta: Grasindo, 2005.
Siregar, Syofian. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Cet. II; Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2017.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. XIII; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Cet. X; Bandung: Alfabeta, 2006.
……., Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XIX; Bandung: Alfabeta, 2011.
……., Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Cet. XV; Bandung: Alfabeta, 2012.
……., Statistika untuk Penelitian. Cet. XXVII; Bandung: Alfabeta, 2016.
Sujarweni. V.Wiratna. Metodologi Penelitian. Cet. 1; Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara 2003.
Supardi. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih Komprehensif. Cet. II; Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta, 2013.
Supranto. J. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2008.
Suwito. Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2005.
Syahrum dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka Media, 2014.
S. Widoyoko. Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Tarigan, Henry Guntur. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
……. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.
Thoifah, I’anatut. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani, 2015.
Ulum, Mokhamad Miptakhul. “Metode Membaca Kitab Kuning antara Siswa dan mahasiswa.” Jurnal Riset dan Kajian Keislaman. Vol. 7, No. 2. 2018.
Umar, Husen. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Cet. I; Jakarta: Rajawali Press, 2008.
Umroh, Ida Latifatul, Khotimah Suryani dan Habibah Dwi Puji Hastuti. “Peningkatan Keterampilan Membaca Kitab Kuning melalui Pembentukan Kebiasaan Membaca Teks Arab di Kelas II Wustho Pondok Pesantren al-Hidayah Kanugrahan Maduran Lamongan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 1, No. 2. Agustus 2020.
Usman, Syahruddin. Guru Pendidikan Agama Islam Menuju Guru Profesional Suatu Tantangan. Makassar: Alauddin University Press, 2011.
Wahid, Marzuki dkk. Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah, 2000.



Wibowo, Adik. Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. Cet. II; Jakarta: Rajagrafindo Persada.
W Indah, Putri Dewi. “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning terhadap Peningkatan Religiusitas Peserta Didik di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi Timur.” Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, 2018.
Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir al-Qur’an. al-Qur'an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 11-20. Cet. 1; Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, 2019.
……., al-Qur'an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 21-30. Cet. 1; Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, 2019.
Zarkasyi, Abdulah Syukri. Pondok Pesantren Sebagai Alternatif Kelembagaan Pendidikan untuk Program Pengembangan Studi Islam Asia Tenggara. Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 1990.
Published
2023-02-26
How to Cite
., S. and Adiva Yamin, A. N. (2023) “PENGARUH METODE MANGAJI TUDANG DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN MEMBACA KITAB KUNING PESERTA DIDIK DI MAS AS’ADIYAH PUTRI PUSAT SENGKANG”, Inspiratif Pendidikan, 12(1), pp. 1-21. doi: 10.24252/ip.v12i1.36316.
Abstract viewed = 501 times