Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Puasa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery SD Negeri Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran discovery SD Negeri Makassar.
Metodologi penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada cara penyelesaikan masalah (jawaban) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri serta mencari informasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. Perincian nilai rata-rata siklus I adalah 79 dan nilai rata-rata siklus II adalah 85. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran discovery yang peneliti gunakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Aqib, Zainal. 2014. Model-model media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Cet. III. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. V. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Cet. I ; Bandung : CV. Yrama Widya.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Stategi Dan Mental Vocational Skill, Yogjakarta: Diva Press
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Cet. II ; Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompotensi. Cet. I ; Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, Dewi Indah. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil belajar melalui Model Pembelajaran Discovery. (Skripsi tidak diterbitkam) IAIN Bengkulu
Pramono, Doni Setiawan (2018) Penggunaan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Peserta didik (Skripsi Tidak diterbitkan) Universitas Negeri Yogyakarta
Sudjana dan Howard Kingsley. 2001. Proses Penilaian Hasil Belajar mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.