Pengaruh Gaya Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 4 Majene

  • Muhammad Rusmin B UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMK N 4 Majene” yang bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan gaya mengajar guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK N 4 Majene; 2) Mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik di SMK N 4 Majene; 3) Menganalisis pengaruh gaya mengajar guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap motivasi belajar peserta didik di SMK N 4 Majene. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif expost facto. Adapun sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK N 4 Majene dengan populasi berjumlah 76 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala gaya mengajar guru dan skala motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, maka dapat disimpulkan bahwa: 1 gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terletak pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 42. sedangkan motivasi belajar motivasi belajar peserta didik di SMK Negeri 4 Majene terletak pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 45. Dari hasil dari pengujian signifikansi linearitas diperoleh sebesar 0,408 artinya nilai sig linearitas lebih besar dari nilai 0,05 dengan tingkat signifikansi 0,408 > 0,05 atau terdapat pengaruh/hubungan. Dengan demikian, X atas Y adalah signifikan atau gaya mengajar guru  (X) berpengaruh terhadap motivasi belajar (Y) peserta didik di SMK Negeri 4 Majene. Implikasi dalam penelitian ini yaitu bagi pendidik, untuk lebih memfokuskan diri pada gaya mengajar yang dilakukan saat ini, bagi sekolah, untuk bisa menjadi bahan evaluasi terhadap gaya mengajar guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sekolah dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pendekatan pengajaran yang dilakukan oleh guru. Dengan demikian, sekolah dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, bagi penelitian yang akan datang, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan dalam melakukan penelitian terhadap gaya mengajar guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti, penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Cet X: Bandung, 2014).
Imam Jalaluddin Al-Mahalli, As-Suyuti, Tafsir Jalalain (Terj. Bahrun Abu Bakar) (Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2007).
Rahmatullah, Pembelajaran Ekonomi Berjati Diri Bangsa (JEKPEND; Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2018).
Muhammad Ali, Kebijakan Pendidikan Menengah dalam Perspektif Govermance di Indonesia (Cet. I; Malang: UB Press, 2017).
Republik Indonesia, “Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional” dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Cet, IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Uno H. dan Lamatenggo, Landasan Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2018).
Farmawati Ramli dan Rahmatullah R, Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Guru Ekonomi pada SMA Negeri di Kota Makassar (Jekpend: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan).
Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010).
Syamsu Yusuf dan Nani, Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: Rajawali Pers, 2013).
Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998).
Suryadi, Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Manajemen dan Ekonomi Islam (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015).
Suryadi, Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Manajemen dan Ekonomi Islam (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015).
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kombinasi (Bandung: Alfabeta, 2015).
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).
Published
2024-12-29
How to Cite
Muhammad Rusmin B (2024) “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 4 Majene ”, Inspiratif Pendidikan, 13(2). doi: 10.24252/ip.v13i2.52592.
Section
Artikel
Abstract viewed = 11 times