HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI KAMPUNG KALISUREN KAB.BOGOR

  • Fathun Nada UIKA BOGOR
    (ID)
  • Bahruddin . Universitas Ibn Khaldun Bogor
    (ID)
Kata Kunci: Parents' Education Level, Religious Behavior.

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang baru dimilikinya karena dengan pendidikan selain mendapatkan ilmu pengetahuan secara umum juga dapat mengetahui dunia serta kehidupannya. Pendidikan juga merupakan pilar bagi kemajuan Negara untuk menjadi Negara yang bermartabat serta dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu. Orang tua yang mempunyai latar belakang tingkat pendidikan yang berbeda akan lebih memperhatikan segala  perubahan dan setiap perkembangan yang terjadi pada anaknya dengan cara yang berbeda. Orang tua yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi mempunyai pengalaman dan pemikiran yang luas yang didapat dari pendidikan yang ditempuh orang itu. Metode Penelitian yang digunakan adalah expost facto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Tingkat pendidikan orang tua di Kp Kalisuren dalam kategori baik 58% dari data kuesioner. 2) Perilaku Keagamaan remaja dalam kategori baik dalam penilaian 51,67%. 3) Tingkat pendidikan orang tua terhadap perilaku keagamaan remaja terdapat hubungan yang signifikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian, cara mudah melakukan penelitian. Bogor Jawa Barat:

UIKA PRESS

H. Fuad Ihsan. (2011). Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta : PT RINEKA CIPTA

Robiatul, A. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. 19, No 1,34-49

Muh Wasith. (2018). Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional. Jurnal Al Ghazali Vol. 1, No. 2

Zakiah Daradjat,dkk. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Dewantara, Ki Hadjar. Karya Bagian I: Pendidikan. Yogyakarta: MLPTS, 1962.

Abuddin Nata. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulaiman Saat. (2015). Faktor-faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8, No. 2

Alwi, Hasan dkk. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jalaludin. (2012). Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Press

Septi P. S. (2019). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak di Desa Raman Fajar Kecamatan Raman Utara Kabupaten Bogor. Skripsi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R& D, Bandung: Alfabeta.

Muhammad Ihsan. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi Vol 2, No 1.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosdakarya.

Ria, D.S. (2018). Pengaruh Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Desa Ngestirahayu Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi.

Diterbitkan
2023-01-23
Abstrak viewed = 135 times