PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS GENDER DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

  • Muhammad Rusmin B UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mutakallim Sijal Unismuh Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis gender di Madrasah Aliyah Kabupaten Kepulauan Selayar adalah proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013. Guru mengajar menggunakan metode yang bervariasi, seperti metode ceramah, tanya jawab, dan yang lainnya. Faktor yang mendukung dalam proses belajar SKI berbasis gender yaitu diantaranya guru menggunakan metode yang bervariasi ketika mengajar, sehingga suasana kelas menjadi hidup dan peserta didik sangat bersemangat. Faktor penghambat pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis gender yaitu peserta didik belum mengetahui makna gender yang sesungguhnya. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar belajar SKI berbasis gender yang dialami oleh peserta didik yaitu guru mengarahkan lebih awal untuk mencari materi di google yakni materi tentang gender sehingga peserta didik lebih mudah memahami apa yang diajarkan. Selain itu, buku paket yang sudah tersedia diwajibkan bagi peserta didik untuk membaca lebih awal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abd al-Malik bin Hisham, Abu Muhammad. Sīrah al-Nabawiyah. Terj. Fadhli Bahri. Jakarta: Darul Falah, 2000.

Ali Audah, Rasulullah dan Khulafaurrasyidin. Cet. III; Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusa, 2011.

Dewi, Ernita. Jurnal. Kesetaraan Gender dalam Islam: Sudut Pandang Al-Qur'an dan Hadis. Substantia 16, No. 2 Tahun 2014.

Dharma Pendidikan, Profesionalisme Guru dan Paradigma Baru. http://www.blogspot.com/ 20200113/html (13 Januari 2020).

Fitrianti, Rahmi dan Habibullah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kehidupan Sosial. Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan. Sosiokonsepsia, 2012.

Hamid, Abd. Rahman dan Muhammad Saleh Majid, Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak, 2014.

Haekal, Muhammad Husain, Hayat Muhammad. Mesir: Maktabah al Mishriyah, 1968.

Hassan. Ibrahim Hassan, Sejarah dan Kebudayaan Islam. Yogyakarta: Kota Kembang, 1989.

Hidayat, Rakhmat. Jurnal. Bias Gender dalam Prestasi Akademik Siswa: Studi tentang Perbandingan Prestasi Akademik Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA 12 Bekasi. 2011.

Hikmat, Asep dalam Abu A’la al Maududi, Hukum dan Konstitusi Sistem Politik Islam. Cet. IV; Bandung, 1995.

Hilary M. Lips. Sex & Gender; An Introduction. Californnia: MyField Publishing Company, 1993. Lihat juga Amiruddin Arani dan Faqihuddin Abdul Qadir (ed), dalam Bunga Rampai Tubuh, Seksualitas dan Kedaluatan Perempuan. Yogyakarta: LKis, 2002.

Istibsyaroh, Hak-hak Perempuan Relasi Gender Menurut Tafsir al-Sya’roni, Jakarta: Teraju, 2004.

Jalal al Din al Suyuthi. Tarikh al Khulafa. Beirut: Dar al Fikr, tth.

Jurnal Pendidikan Islam. Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam. Volume III Tahun 2014.

K., Ali, Sejarah dan Kebudayaan Islam. Semarang: Toha Karya, 1996.

Lukman, Cecep dalam Philip K. Hitti. History of the Arabs. Cet. I; Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2002.

Mansour Fakih. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Mardliyah. Jurnal. Isu Gender Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Volume II Tahun 2016.

Miskahuddin. Jurnal. Pengaruh Sosialisasi Gender terhadap Pembentukan Pola Pikir Perempuan Aceh (Studi Kasus di Banda Aceh dan Aceh Besar) Miskahuddin Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry. Volume I No. 2 Tahun 2014.

Mubarok, Jaih, Sejarah Kebudayaan Islam. Bandung: Raja Grafindo Persada, 2004.

Mulia, Siti Musdah, Muslimah Sejati; Menempuh Jalan Islami Meraih Ridha Ilahi, Bandung: Marja, 2011.

Mursidah. Pendidikan Berbasis Kesetaraan dan Keadilan Gender. Volume V No. 2 Tahun 2013.

Priyo Soemandoyo. Wacana Gender & Layar Televisi: Studi Perempuan Dalam Pemberitaan Televisi Swasta. Yogyakrta: LP3Y, 1999.

Ratna Saptari, Perempuan Kerja dan Perubahan Sosial; Sebuah Pengantar Studi Perempuan, Jakarta: Kalyana Mitra, 1997.

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

Setiawan, Arif. Islam di Masa Umar bin Khatthab. Jakarta: Hijri Pustaka, 2002.

Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. I; Bandung: Rosdakarya, 2006.

Sjadzali, Munawir. Islam dan Tata Negara; Ajaran, Sejarah dan Pemikiran. Jakarta: UI-Press, 1993.

S K. Kochhar, Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta: Grasindo, 2008.

Diterbitkan
2021-12-10
Abstrak viewed = 396 times