PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS VIII MTS MADANI ALAUDDIN PAOPAO KABUPATEN GOWA

  • Abdul Jalil UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Amri UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Risna Mosiba UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Peranan media sosial bagi peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Qur’an Hadis MTs Madani Alauddin Pao-pao Kabupaten Gowa yaitu dengan mendayagunakan media sosial whatsApp dan telegram sebagai instrumen komunikasi dan ruang belajar, serta pendayagunaan media sosial youtube sebagai instrumen belajar dan sumber belajar. Motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media sosial terangkum dalam: Motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan whatsApp dan telegram, motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan youtube dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Peranan media sosial whatsApp dan telegram  meliputi; peserta didik tekun dalam mengerjakan tugas dan menampakkan keuletan dalam belajar mandiri. Peranan media sosial youtube yaitu; meningkatkatkan kreatifitas peserta didik dan membuat peserta didik menyenangi pelajaran Qur’an Hadis. Keterbatasan pembelajaran dengan menggunakan media sosial yakni pembelajaran dengan media sosial betumpuh pada kekuatan signal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ahmad, A. Kadir. Dasar-dasar MetodologiPenelitianKualitatif. Makassar: Indobis Media Centre, 2003.

Al-Sayuti, Lubab An-Nuqul fi Asbab An-Nuzul. Kairo: Darul Inan, 2001.

Andrizal, A., dkk. Pengembangan Mediapembelajaran Interaktif Padasistem E-Learning Universitasnegeri Padang.Invotek: Jurnal Inovasivokasional dan Teknologi, 17. 2. 2017.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islậm Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cet. V; Jakarta: BumiAksara, 2000.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta, 2006.

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2010.

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Darsono. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Semarang Press. 2000.

Dimyati dkk. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Hadi, Sutrisno. Statistik 1. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset, 1993.

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelaajran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. 2014.

Junaid, Ilham. "Analisis data kualitatif dalam penelitian pariwisata." Jurnal Kepariwisataan 10.1. 2016.

Kaplan, Andreas M., dkk “Users of the World, Unite! The challenges and Opportunities of Social Media”, Business Horizon, 2010.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Lesmana, Gusti Ngurah Aditya. “Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter terhadap Pembentukan Brand Attacment.” Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia. 2012.

Lestari, Fitria. "Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas terhadap Keberhasilan Usaha pada Sentra Industri Rjutan Binong Jati Bandung." Available at elib.unikom.ac. id 8. 2013.

Manab, Abdul. "Menggagas Penelitian Pendidikan: Pendekatan Studi Kasus." 2016.

Moh. Zamili, "Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif." Lisanal- Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan 9.2. 2015.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Nasution, S. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Cet. XII; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nawawi, Hadari dkk. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Cet. II; Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.

Padmowihardjo, Soedijanto. Psikologi Belajar Mengajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016.

Poore, Megan. Studying and Researching with Social Media. Los Angeles: Sage Study Skills, 2014.

Purnama, Hadi. Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0 Corporate And Marketingcommunication. Jakarta: Pusat Studi Komunikasi Dan Bisnis Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana, 2010.

Ridwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2005.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana. 2010.

Sardiman. A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2005.

________________. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Volume 13, Cet. V Jakarta: Lentera Hati, 2012.

Sholikhah, Amirotun. "Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. " Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 10.2. 2016..

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. VIII; Bandung: Alfabeta, 2013.

________ Statistika untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta, 2012.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Cet. 1. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.

Susanti, Elvi. Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Dialektika Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3. 2. 2016.

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI, Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat, 2014.

Tiro, Muhammad Arif. Masalah dan Hipotesis Penelitian Siosial-Keagamaan. Cet: I; Makassar: Andira Publisher, 2005.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

_____________. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara. 2012.

Varia, Winarsih. Psikologi Pendidikan.Medan: Latansa Pers. 2009.

Zarella, Dan. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI : 2010.

Diterbitkan
2021-12-10
Abstrak viewed = 298 times