PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI SMAIT ALBIRUNI MANDIRI MAKASSAR
Abstrak
This research is a Pre Experimental Design research and uses the One Group Design research design. The population in this study were all three classes of SMAIT Albiruni Makassar students registered in 2019/2020 with a total of 49 respondents. The instrument used was a test, analyzed using descriptive hypothesis submission techniques and associative hypothesis testing in collecting processed data. The results of data processing and analysis concluded that: 1) The results of learning Arabic for SMAIT Albiruni Mandiri Makassar students without using Google Classroom, 45% of students are in the low category, 12% are in the medium category, 33% are in the high category and 10% is in the very high category. 2) Arabic Learning Outcomes of Students of SMAIT Albiruni Mandiri Makassar using Google Classroom, 14% are in the low category, 29% are in the medium category, 43% are in the high category and 14% are in the very high category. 3) Based on the results of the analysis, it is proven that there are differences in Arabic learning outcomes by using google classroom based learning media.Arabic Learing Media, google classroom, learning outcomes
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Qur’a>n al-Kari>m
Abdullah, M ma’ruf, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cet. I; Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2015.
Amir, “ Teknologi Pengajaran Bahasa Arab: Suatu Interpretasi Psikodinamik”, Tesis. Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2001.
Anam, Khairul. “ Pengembangan Weblog sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An Nahdlah Makassar”, Tesis. Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Aslamiyah, “ Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabaena Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara ”, Tesis. Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2016.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2003.
----------------, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya Beberapa Pokok Pikiran. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Bakri, Mubassyirah Muhammad. “ Kendala Psikologis Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah DDI-AD (Ambo Dalle) Galesong Baru Makassar”, Tesis, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2011.
Bungin, M. Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan public serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Cet. IX; Jakarta: Kencana, 2017.
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif . Cet.VII; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Fauzi, Adit Tiawaldi Muhbib Abdul Wahab, “Perkembangan Bahasa Arab Modern dalam Perpektif Sintaksis dan Semantik pada Majalah Al Jazȇra”, Jurnal IMLA. Jakarta: Pasca Sarjana UIN Jakarta, 2017.
Gulo, W., Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo, 2002.
Gunawan, Fransiskus Ivan dan Stefani Geima Sunarman, "Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran", Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 2018, 340-348. 7481. ( Diakses 22 Mei 2019).
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. IV; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Hermawan, Saiful. “Aspek-Aspek Psikologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Program Akselerasi MAN II Ponorogo”, Tesis, Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan kalijaga, 2015.
Hasan, M. Iqbal, Pokok – pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Masniati “Kajian Psikolinguistik Terhadap Ayat-Ayat QS. Maryam Tentang Pendidikan Anak Pranatal dan Postnatal”, Disertasi, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2016.
Morissan, Metode Penelitian Survei. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2014.
Musfiroh, Tadkiroatun. Psikolinguistik Edukasional- Psikolinguistik Untuk Pendidikan Bahasa, Edisi kedua; Yogyakarta: Tiara Wacana, 2017
Mushlihin “ Efektifitas Pedekatan Psikologis dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah As’addiyah Nomor 5 Uloe Kabupaten Bone”, Tesis, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2011..
Nasruni, “ Efektifitas Penerapan Metode Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darul Muttaqin Maccopa Maros”, Tesis, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2013.
Rapi, Muh. Pengantar Strategi Pembelajaran (Pendekatan Standar proses). Cet. I; Makassar: Alauddin University Press,2012.
Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Cet. IX; Bandung: Alfabeta, 2013.
Riyanto, Validasi & Verivikasi Metode Uji Sesuai dengan ISO/IEC 17025 Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi. Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Rozak, Abd. “Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom ”, Arabiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasa Araban.http://dx.doi.org/10.15408/a.v5i1.7481 ( Diakses 22 Mei 2019).
Saepul, Asep dan E. Bahruddin, Metode Penelitian Kuantitatif Aflikasi dalam Pendidikan. Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Safei, Teknologi Pembelajaran Pengertian, Pengembangan, dan Aplikasinya. Cet.I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Salim,Agus. “ Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah As’ adiyah Putera Macanang Kabupaten Wajo”, Tesis (Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2011.
Siagian, Dergibson dan Sugiarto, Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Cet. III; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Siregar, Sofyan. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Ed. I, Cet. II; Jakarta: Kencana Prenadamedia Group,2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cet.VI; Bandung: Alfabeta, 2009
Sugiyono, Cara Muda Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
------------, Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D. Cet. XIX; Bandung: Alfabeta, 2011.
------------, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2015.
------------, Metodologi Penelitian Manajemen. Cet. III; Bandung: Alfabeta CV, 2014.
Schulz, Eckehard. Allughah al ‘arabiyyah al ma’ āshirah, terj. Esie Hartianty Husein S.S dan Dr. Thoralf Hanstein, Bahasa Arab Baku dan modern. Cet. I; Yogyakarta:PT LKiS Printing Cemerlang, 2010.
Setiawan, Ebta. KBBI Online ini dikembangkan 2012-2019 versi 2.5. Database utama merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa).
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Cet VII; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.
Suleman, Imam Al-Hafiz Abi Al-Qasim Bin Ahmed Bin Ayyub Al-Khami Al-Tabrani R.A. Al-Mu'jam Al-Kabir Tabra>ni jilid IX.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Cet. XXII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Cet. I; Jokjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Tiro, Muh. Arif. Dasar-dasar statistik. Edisi ketiga, Makassar: State University Of Makassar Press, 2008.
Yaumi, Muhammad. Media & Teknologi Pembelajaran. Cet.I; Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.