ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MI RADHIATUL ADAWIYAH MAKASSAR

  • Nurul Muchlizani A Aminah Ismail UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania
    (ID)
  • Muhammad Nur Akbar Rasyid
    (ID)
Kata Kunci: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh

Abstrak

Penelitian ini membahas masalah: Bagaimana kualitas butir soal ujian akhir semester mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Radhiatul Adawiyah Makassar dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 25 lembar jawaban ujian akhir semester mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas Va dan Vb. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada proses pengolahan atau perhitungan data dalam analisis statistik deskriptif ini dilakukan dengan menggunakan program aplikasi Anates versi 4.09 dan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 butir soal: 1) Berdasarkan validitas diperoleh soal yang valid 10 butir (67%) dan yang tidak valid 5 butir (33%). 2) Berdasarkan reliabilitas diperoleh soal dengan reliabilitas tinggi (0,78) 10 butir dan soal dengan reliabilitas sangat tinggi (0,87) 5 butir. 3) Berdasarkan tingkat kesukaran diperoleh soal kategori mudah 9 butir (60%), kategori sedang 6 butir (40%), dan tidak ada butir soal dengan kategori sukar. 4) Berdasarkan daya pembeda diperoleh soal kategori jelek 2 butir (13%), soal kategori cukup 2 butir (13%), soal kategori baik 9 butir (61%), soal kategori baik sekali 2 butir (13%). (5) Berdasarkan efektivitas pengecoh diperoleh soal kategori sangat baik 2 butir (20%), soal kategori baik 2 butir (20%), soal kategori kurang baik 4 butir (40%), soal kategori buruk 2 butir (20%). Tindak lanjut berdasarkan kualitas butir soal diperoleh soal dengan kualitas sangat baik 4 butir (27%) dimasukkan ke dalam bank soal, soal dengan kualitas baik 4 butir (27%) dan soal dengan kualitas sedang 3 butir (20%) perlu direvisi, soal dengan kualitas tidak baik 2 butir (13%) dan soal dengan kualitas sangat tidak baik 2 butir (13%) perlu diganti dengan membuat soal baru. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Setelah melaksanakan ujian akhir semester sebaiknya butir soal tersebut ditindaklanjuti dan dianalisis dari segi validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh agar dapat diketahui kualitas butir soalnya sehingga dapat digunakan untuk perbaikan dan pembuatan soal tes berikutnya. 2) Guru Akidah Akhlak harus memberikan perhatian dan rutin menganalisis butir soal yang telah disusun, karena setelah dianalisis terdapat butir soal yang tidak berkualitas. 3) Diharapkan guru mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan untuk menganalisis butir soal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adawiah, R., & Agus, D. (2019). Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 58–65.
Arbiatin, E., & Mulabbiyah. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PGMI, 12(2), 146–171.
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Cet. IV). Jakarta: Bumi Aksara.
Asrul. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Dwipayani, S. (2013). Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Bahasa Indonesia Kelas X D SMAN 1 terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Pendididkan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(5), 1–18.
Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17.
Mania, S. (2012). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Muharromah, M. M. K., & Humaisi, S. (2020). Analisis Butir Soal Penilaian Ujian Semester Gasal Mata Pelajaran IPS di MTs Darul Muna Ponorogo. Journal of Social Science and Education, 1(2), 102–114.
Muluki, A., Bundu, P., & Sukmawati, I. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86–96.
Nurdjan, S., Firman, & Mirnawati. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Aksara Timur.
Oktanin, W. S., & Sukirno. (2015). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1), 35–44.
Permenag RI. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah. (2010).
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setiyawan, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Reliabilitas Tes. Jurnal An Nur, 6(2).
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013). Madiun: Unipma Press.
Diterbitkan
2023-07-05
Abstrak viewed = 534 times