TIPOLOGI PAHAM KEAGAMAAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi pemahaman keagamaan mahasiswa FIK UNM melalui model kajian keagamaan yang diikuti mahasiswa FIK UNM dan pandangan mereka terhadap isu-isu keagamaan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, selanjutnya dirandom, maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif maupun tidak aktif dalam kelompok kajian keagamaan di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi pemahaman keagamaan mahasiswa FIK UNM secara umum dapat diklasifikasi ke dalam 3 (tiga) tipe, yaitu inklusif, ekslusif dan moderat, tetapi pada umumnya mahasiswa memiliki pemahaman keagamaan yang bersifat moderat. Sikap moderasi tersebut tampak dari model kajian keagamaan yang diikuti oleh mahasiswa yaitu arriyadhoh yang memiliki model kajian yang bersifat moderat. Moderasi beragama mahasiswa FIK UNM tampak juga dari pandangan mereka terhadap isu-isu keagamaan yang diperdebatkan oleh ulama. Mahasiswa FIK UNM welcome terhadap perbedaan pendapat, sehingga mereka tidak memiliki sikap fanatisme terhadap satu pendapat dan tidak pula menyalahkan pendapat yang lain.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Qaradawi, Yusuf. Al-Khashâish Al-‘Âmmah Li Al-Islâm. Beirut: Mu’assasah ar-Risalah, 1404.
Aryani, Sekar Ayu. “Orientasi, Sikap Dan Perilaku Keagamaan Mahasiswa. Studi Kasus Di Sebuah PTN Di Yogyakarta.” 2014.
Hisnuddin, and Irwansyah Suwahyu. “RADICALISM AND THE SOLUTIVE EFFORTS OF ISLAMIC EDUCATION.” Journal of Islam and Science 5, no. 1 (2018): 11–15.
Madjid, Nurcholis. Islam, Doktrin Dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, Dan Kemoderenan. Jakarta: Paramadina, 2005.
Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Rahman, Budhy Munawar. Sekularisme, Liberalisme, Dan Pluralisme: Islam Progresif Dan Perkembangan Diskursusnya. Jakarta: Gramedia, 2010.
Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2017.
———. Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Jakarta: Lentera Hati, 2019.
Shodiq. Mengukur Keimanan Konstrak Teoretik Dan Pengembangan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Wahyudi, Chafid. “Tipologi Islam Moderat Dan Puritan: Pemikiran Khaled M. Abou El-Fadl.” Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam 1, no. 1 (2011).