KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DI SEKOLAH
(Studi Kasus pada Mahasiswa MPI IAIN Takengon)
Abstrak
Hal mendasar yang harus dimiliki oleh calon lulusan MPI adalah memahami fingsi-fungsi manajemen serta pengembangan konsepnya. Fungsi- fungsi manajemen adalah elemen dasar yang selalu melekat dan dijadikan acuan oleh seorang manajer dalam melakukan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang efisien dan efektif, diperlukan kemampuan dan profesional dapat disahkan ke dalam 4 (empat) fungsi manajemen yang disingkat menjadi (POAC) yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pengarahan) dan Controlling (Pengawasan). Identifikasi awal calon lulusan MPI IAIN Takengon masih memiliki kekurangan dalam memahami dan menerapkan fungsi-fungsi manajemen di dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menyebar angket kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah PPL 1 dan PPL 2. Hasil penelitian menunjukkan persenase kemampuan calon lulusan MPI IAIN Takengon dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen ada pada level baik. Hal ini terbukti dari kemampuan menerapkan fungsi perencanaan (planning) sebanyak 70 %, pengorganisasian (organizing) sebanyak 71 %, pelaksanaan atau pengarahan (actuating) 69 persen, dan pengawasan (controlling) 69 %. Skor total kemampuan mahasiswa pada semua fungsi manajemen ada di angka 70 %.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
George R. Tery (2008). Prinsip-prinsip Manajemen, Cet. 9. Jakarta :Bumi Aksara
Griffin, Ricky W. (2004). Manajemen. Edisi ketujuh Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Hamdi, 2020. Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kantor Kelurahan Rantau Kiwa Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis (Jieb). 6 (2). 155-163. https://doi.org/10.35972/jieb.v6i2.332
Isna Firdha Rahamawati & Tri Murwaningsih. (2019). Analisis Pelaksanaan Fungsi Manajemen Di Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran.3(1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap
KH. U. Saefullah. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia
Maharani Diva & Annisa Dewi Astuti. (2022). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Praktik Peningkatan Mutu Pendidikan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(3). ISSN: 282-7466 (Print) ISSN : 2829-632X (Electronic). https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index
Malayu S.P Hasibuan. (1989) Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta : Gunung Agung
Nengsi, Ayu Rahma & Sartika, Didi. 2022. Peningkatan Skill Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dalam Upgrade Kualitas Profil Lulusan. Jurnal Fondatia. Volume 6, Nomor 4, Desember. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Paruhuman Tampubolon. (2018). Pengorganisasian Dan Kepemimpinan Kajian Terhadap Fungsi-Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal Stindo Profesional 4 (3) I S S N : 2443 - 0536 22
Rismayanti & Maxie Joseph Sagay (2018). Penerapan Fungsi Manajemen Sebagai Metode Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis. 2(2). https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JAB/article/view/310/219
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
------------. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Terry alih bahasa oleh Winardi (1986) , Asas-asas Manajemen, Bandung: Alumni
Torang. (2015). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Jakarta: Salemba Empat.
Upik Elok Endang Rasmayani, dkk. (2021). Indikator Perencanaan pada Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Unggulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1). Pages 431-440. ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print) DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.611